Gresik -- Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ditengah situasi pandemic Covid-19.Â
Program Kuliah Keja Nyata ini telah diresmikan pembukaannya secara daring (1/09). KKN Tematik Daring 2020 ini terfokus pada permasalahan yang banyak terjadi pada masa pandemic Covid-19, yakni dari sector Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan. Mahasiswa UISI yang sudah terbagi dalam beberapa kelompok tersebar diseluruh wilayah Indonesia, salah satunya terdapat kelompok yang mengabdi di Kabupaten Gresik.
Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik merupakan desa yang terpilih menjadi tempat KKN Tematik Daring 2020 oleh Mahasiswa UISI kelompok A44.Â
Kelompok A44 KKN Tematik Daring 2020 terdiri dari 3 (tiga) Mahasiswa yakni Mohammad Wafi Al Khansa Mahasiswa Akuntansi UISI, Novan Putra Aji Laksono Mahasiswa Teknik Kimia UISI, dan Putra Listyo Nur Rayhan Mahasiswa Teknik Kimia UISI.Â
Sektor yang dipilih guna diterapkan di Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti yakni sector Ekonomi. Mengingat kondisi geografis desa yang sering dilalui warga desa lain membuat Desa Sidojangkung menjadi tempat yang strategis untuk berbisnis.
Sasaran dari program yang dijalankan adalah warga desa dan pelaku UMKM. Warga Desa Sidojankung kurang bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik. Hal ini sangat disayangkan mengingat kondisi geografis desa yang strategis kurang bisa dimanfaatkan.Â
Inovasi pada bisnis kreatif juga perlu dikembangkan, apalagi pada situasi pandemic Covid-19 seperti ini semua sector terdampak dan Inovasi Bisnis Kreatif adalah salah satu alternative untuk Pelaku UMKM mendapat perhatian calon pelanggan.
Melalui program KKN Tematik Daring 2020 kelompok A44 mulai melakukan sosialisasi bisnis kepada warga desa dan pelaku UMKM. Media penyampaian yang digunakan oleh kelompok A44 adalah media yang sering digunakan oleh warga desa dan pelaku UMKM seperti WhatsApp Group dan Youtube.Â
Tak hanya melakukan sosialisasi kelompok A44 juga membantu warga desa yang sudah mempunyai ide bisnis baru untuk merealisasikannya. Kelompok A44 juga membantu pelaku UMKM dengan melakukan foto produk dan pendampingan pengembangan Digital Marketing. "Foto produk dilakukan guna menarik minat calon pelanggan setalah melihat tampilan awal gambar.Â