Mohon tunggu...
Mohammad WafiAl
Mohammad WafiAl Mohon Tunggu... Lainnya - laki-laki

Jadilah manusia yang berguna.

Selanjutnya

Tutup

Money

Mahasiswa UISI Terapkan Sosialisasi Bisnis dan Pengembangan Digital Marketing untuk Bisnis Kreatif

28 September 2020   15:10 Diperbarui: 28 September 2020   16:19 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gresik -- Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ditengah situasi pandemic Covid-19. 

Program Kuliah Keja Nyata ini telah diresmikan pembukaannya secara daring (1/09). KKN Tematik Daring 2020 ini terfokus pada permasalahan yang banyak terjadi pada masa pandemic Covid-19, yakni dari sector Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan. Mahasiswa UISI yang sudah terbagi dalam beberapa kelompok tersebar diseluruh wilayah Indonesia, salah satunya terdapat kelompok yang mengabdi di Kabupaten Gresik.

Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik merupakan desa yang terpilih menjadi tempat KKN Tematik Daring 2020 oleh Mahasiswa UISI kelompok A44. 

Kelompok A44 KKN Tematik Daring 2020 terdiri dari 3 (tiga) Mahasiswa yakni Mohammad Wafi Al Khansa Mahasiswa Akuntansi UISI, Novan Putra Aji Laksono Mahasiswa Teknik Kimia UISI, dan Putra Listyo Nur Rayhan Mahasiswa Teknik Kimia UISI. 

Sektor yang dipilih guna diterapkan di Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti yakni sector Ekonomi. Mengingat kondisi geografis desa yang sering dilalui warga desa lain membuat Desa Sidojangkung menjadi tempat yang strategis untuk berbisnis.

Sasaran dari program yang dijalankan adalah warga desa dan pelaku UMKM. Warga Desa Sidojankung kurang bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik. Hal ini sangat disayangkan mengingat kondisi geografis desa yang strategis kurang bisa dimanfaatkan. 

dokpri
dokpri
Pelaku UMKM juga kurang akan hal nya inovasi bisnis kreatif dan pengembangan Digital Marketing, sangat disayangkan apabila pada situasi pandemic Covid-19 ini para pelaku UMKM belum bisa memanfaatkan Digital Marketing untuk media pemasaran dikarenakan banyak calon customer yang melakukan kegiatan serba online dari belajar hingga berbelanja. 

Inovasi pada bisnis kreatif juga perlu dikembangkan, apalagi pada situasi pandemic Covid-19 seperti ini semua sector terdampak dan Inovasi Bisnis Kreatif adalah salah satu alternative untuk Pelaku UMKM mendapat perhatian calon pelanggan.

Melalui program KKN Tematik Daring 2020 kelompok A44 mulai melakukan sosialisasi bisnis kepada warga desa dan pelaku UMKM. Media penyampaian yang digunakan oleh kelompok A44 adalah media yang sering digunakan oleh warga desa dan pelaku UMKM seperti WhatsApp Group dan Youtube. 

Tak hanya melakukan sosialisasi kelompok A44 juga membantu warga desa yang sudah mempunyai ide bisnis baru untuk merealisasikannya. Kelompok A44 juga membantu pelaku UMKM dengan melakukan foto produk dan pendampingan pengembangan Digital Marketing. "Foto produk dilakukan guna menarik minat calon pelanggan setalah melihat tampilan awal gambar. 

dokpri
dokpri
Pengembangan Digital Marrketing juga dilakukan guna memaksimalkan pemasaran produk yang ditawarkan serta memaksimalkan peluang yang ada di Digital Marketing." Ujar Wafi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun