Mohon tunggu...
Mohammad Syarrafah
Mohammad Syarrafah Mohon Tunggu... Penulis

Pernah belajar di TEMPO memungut serpihan informasi di jalanan. Bisa dihubungi di email: syarraf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Diapresiasi Dunia, Jokowi Jadi Sampul Majalah Ekonomi Terbitan Jepang

15 Juli 2019   14:21 Diperbarui: 15 Juli 2019   14:25 0 3 2 Mohon Tunggu...
Diapresiasi Dunia, Jokowi Jadi Sampul Majalah Ekonomi Terbitan Jepang
Sampul Majalah terbitan Jepang yang diupload oleh Jokowi di Instagramnya @jokowi.

Kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membangun Indonesia selama 5 tahun ini, terus diapresiasi dunia internasional. Salah satu apresiasi itu diwujudkan dengan menampilkan Jokowi dalam sebuah sampul depan majalah.

Kali ini, wajah close-up Jokowi tampil di majalah ekonomi terbitan jepang bernama Nikkei Asian Review edisi Juli 2019. Di sampul majalah itu, dituliskan sebuah judul 'Jokowi's second chance'.

Kisah itu dimuat dalam tulisan staf penulis Nikkei Asian Review, Shoatro Tani. Tulisan itu mengangkat arah kebijakan dan visi Jokowi pada pemerintahan lima tahun mendatang agar Indonesia memasuki zaman keemasan.

Informasi ditampilkannya Jokowi dalam majalah ekonomi itu terkuak dalam instagram pribadinya @jokowi. Mantan Wali Kota Solo ini juga menuliskan caption sebagai berikut:

"Periode lima tahun ke depan ini, pemerintah fokus menuntaskan apa yang sudah kita mulai: menyelesaikan pekerjaan infrastruktur besar-besaran yang masih berjalan dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Optimisme itu tertunang dalam dalam liputan utama majalah ekonomi besar dunia terbitan jepang, Nikkei Asian Review terbitan bulan ini. Selamat membaca," tulis Jokowi sambil menyertakan link beritanya.

Sebenarnya, Presiden Jokowi sudah berkali-kali menjadi sampul depan majalah di luar negeri.  Pada awal terpilih presiden 2014, wajah Jokowi menghiasi sampul majalah Time. Headline majalah asal Amerika Serikat itu berjudul 'A New Hope'. Belum lama ini, Jokowi juga menjadi cover majalah gaya hidup asal Arab Saudi, Arrajol edisi Mei 2019.

Menurut saya, ini tidak hanya sekadar laporan berita semata. Lebih dari itu, banyak negara-negara besar di belahan dunia ini yang mengapresiasi kinerja dan kepemimpinan Jokowi selama 5 tahun ini.

Sementara itu, untuk visi Jokowi membangun Indonesia ke depannya sudah disampaikan dalam pidato pertamanya pada Minggu (14/7/2019) malam. Pidato pertama setelah menang Pilpres 2019 itu digelar di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan lima tahapan besar yang akan dilakukannya bersama wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin. Tahapan-tahapan itu untuk membuat Indonesia lebih produktif serta memiliki daya saing dan fleksibilitas tinggi dalam menghadapi perubahan di dunia.

Lima tahapan besar itu adalah meneruskan pembangunan infrastruktur dengan lebih cepat, pembangunan sumber daya alam yang merupakan kunci Indonesia ke depannya, membuka pintu investasi selebar-lebarnya, reformasi birokrasi, dan pengaturan anggaran pada APBN yang tepat sasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2