Mohon tunggu...
Mohammad Syarrafah
Mohammad Syarrafah Mohon Tunggu... Penulis

Pernah belajar di TEMPO memungut serpihan informasi di jalanan. Bisa dihubungi di email: syarraf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Jokowi Lempar Sinyal Reshuffle Kabinet, Siapa Tersingkir?

12 Juli 2019   15:41 Diperbarui: 12 Juli 2019   15:56 0 1 1 Mohon Tunggu...
Jokowi Lempar Sinyal Reshuffle Kabinet, Siapa Tersingkir?
Presiden dan Wakil Presiden/katadata.co.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan sinyal akan melakukan kocok ulang (reshuffle) jajaran kabinetnya. Rencananya, reshuffle akan diumumkan dalam waktu dekat.

Gambaran untuk kabinet barunya serta sejumlah nama-nama menteri baru sudah dikantonginya. Kabinet baru itu nanti komposisinya akan berimbang antara professional dengan politikus. Kira-kira 60:40 atau 50:50.

Susunan kabinet baru yang akan dia pimpin bersama Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin akan ada sosok anak muda atau milenial. Sosok itu pun sudah diminta kepada partai-partai pendukungnya dan apabila tidak mengusulkan, Jokowi pun siap mencarinya sendiri.

Meskipun nanti akan memasukkan menteri anak muda, namun dia memastikan akan mempertahankan sejumlah menteri lama yang dinilai memiliki kinerja sukses.

"Banyak (yang dipertahankan)," kata Jokowi kepada wartawan di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). (detik.com).

Akhirnya, isu reshuffle kabinet itu kembali mencuat mulai siang ini. Sebenarnya, isu ini bukan yang pertama kalinya ramai dibicarakan. Sebab, sebelumnya sudah pernah.

Awalnya, sepekan setelah Pemilu 17 April lalu, sempat terhembus perombakan kabinet. Namun, rencana itu dibantah istana dan dipastikan tidak akan ada reshuffle hingga lebaran. Saat itu pula, ramai dibicarakan bahwa reshuffle itu akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri atau awal Bulan Juni 2019.

Faktanya, hingga pertengahan Juli 2019 ini, belum ada pengumuman reshuffle kabinet. Karenanya, kemungkinan besar ini akan menjadi wacana terakhir yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Artinya, benar dalam waktu dekat akan ada pengumuman reshuffle kabinet di pemerintahannya.

Terlebih lagi, Jokowi pernah menyampaikan bahwa reshuffle itu akan dilakukan sebelum pengambilan sumpah menjadi Presiden RI periode keduanya pada Bulan Oktober mendatang. Sebab, dia ingin setelah resmi dilantik, kabinet baru itu diharapkan akan "berlari kencanng" melakukan perbaikan demi Indonesia.

Jika rencana reshuffle kali ini terealisasi sebelum Oktober 2019, berarti ini merupakan perombakan kabinet kelima di pemerintahan Jokowi-JK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3