Mohon tunggu...
Mohammad Syarrafah
Mohammad Syarrafah Mohon Tunggu... Penulis

Pernah belajar di TEMPO memungut serpihan informasi di jalanan. Bisa dihubungi di email: syarraf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Ini Deretan Menteri Muda di Belahan Dunia, Jadi Inspirasi Jokowi?

6 Juli 2019   04:52 Diperbarui: 6 Juli 2019   12:01 0 5 4 Mohon Tunggu...
Ini Deretan Menteri Muda di Belahan Dunia, Jadi Inspirasi Jokowi?
Ini deretan menteri muda di berbagai negara di belahan dunia/cnbcindonesia.com

Untuk menjalankan roda pemerintahannya di periode kedua ini, Presiden Jokowi kini tengah mengincar sosok-sosok muda di negeri ini untuk dijadikan sebagai menteri.

Sosok anak muda milenial yang akan dipilih untuk menjadi pembantunya itu, tentu tidak sembarangan. Mereka harus memiliki prestasi, manajerial, bervisi-misi masa depan dan berani mengeksekusi berbagai program secara cepat dan tepat, sehingga dia menjadi eksekutor yang kuat dan handal.

Saya kira, keinginan Presiden Jokowi untuk mengisi kabinetnya dengan darah muda itu bukan tanpa alasan. Apalagi, dalam satu dekade terakhir ini, menteri muda sudah menjadi tren di sejumlah negera di belahan dunia ini.

Berikut beberapa negara yang memiliki menteri muda:

1. Uni Emirat Arab

Negara yang mempunyai menteri termuda di dunia adalah Uni Emirat Arab. Pasalnya, ia meletakkan Shamma al Mazrui menjadi Menteri Urusan Kepemudaan Negara Uni Emirat Arab. Perempuan kelahiran 1994 itu dilantik menjadi menteri pada usia 22 tahun.

Shamma menyabet gelar Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari New York University Abu Dhabi. Pada 2015, dia sudah mendapatkan gelar Magister Kebijakan Publik dari University of Oxford.

Karirnya pun cemerlang, pada tahun 2018 lalu, nama Shamma tercatat sebagai menteri termuda di dunia. Selain itu, CNBC juga pernah menetapkan Shamma sebagai 7 wanita muda yang mengubah dunia.

2. Malaysia

 Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memang pemimpin sepuh. Namun, ia membuat berbagai terobosan dan salah satunya meletakkan dua menteri muda di kabinetnya.

Menteri muda pertama itu adalah Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia. Pria kelahiran 6 Desember 1992 itu dilantik menjadi menteri pada usia 25 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN