Mohon tunggu...
Mohammad Raditya S
Mohammad Raditya S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Untuk tugas kkn

Haloo saya radit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Warga sial Penggunaan Marketplace untuk Menunjang UMKM Sekitar oieh Mahasiswa KKN Undip

4 Agustus 2021   20:14 Diperbarui: 4 Agustus 2021   20:18 17 2 1 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
SEMARANG (26/07/2021) – Pandemin covid-19 merupakan suatu hal yang ditakuti oleh semua warga terutama pada UMKM kecil dikarenakan sulitnya menjual produk. Para UMKM ketika pandemi seperti ini dikatakan musibah besar yang mengancam usaha mereka dan terlebih lagi banyak UMKM yang masih minim akan pengetahuan mengenai jual beli produk melalui media online.

Media online atau bisa disebut dengan marketplace Sangat membantu UMKM kecil untuk menjual produk-produk mereka tanpa harus bertatap muka secara langsung ke pembeli dan ini merupakan untuk mengurangi penularan virus covid-19. Tetapi bagi UMKM terkadang marketplace merupakan suatu hal yang dirasa asing dan membahayakan untuk digunakan sebagai media dagang.

Oleh hal tersebut diadakannya edukasi dan sosialisasi tentang marketplace yang diadakan untuk warga RT01 RW08, Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik. Dimulai dengan memberikan buku saku yang isinya tentang penjelasan mengenai marketplace, cara transaksinya, serta strategi untuk dapat survive di platform marketplace ini. 

Dalam sosialisasi dengan warga untuk menghindari penyebaran covid-19 platform yang digunakan yaitu melalui teknologi group Whatsapp, UMKM di daerah tersebut Nampak antusias dengan marketplace. “Dari kami para pemilik usaha kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami terlebih kami juga kurang paham mengenai pasar online seperti itu” terang Pak Jumadi salah satu pelaku UMKM di daerah RT 01 RW 08. Sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 15 pelaku UMKM yang ada di daerah RT 01 RW 08 Kelurahan Banyumanik.

Penulis             : Mohammad Raditya Syahmaulana

DPL                : Laura Andri Retno Martini, SS, MA

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN