Mohon tunggu...
Mohammad Hisar Silalahi
Mohammad Hisar Silalahi Mohon Tunggu... Mantan buruh

Pernah gemar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Pertama Ikut Sea Games, Indonesia Langsung Juara Umum

8 Desember 2019   23:55 Diperbarui: 9 Desember 2019   18:01 46 1 0 Mohon Tunggu...
Pertama Ikut Sea Games, Indonesia Langsung Juara Umum
dok.istimewa

Indonesia baru ikut menjadi negara peserta SEA Games pada SEA Games IX di Kuala Lumpur Malaysia tahun 1977. Padahal event besar olah raga negara-negara Asia Tenggara tersebut sudah dimulai sejak tahun 1959.

Di awal berdirinya memang namanya bukan SEA Games, melainkan SEAP Games, yang merupakan singkatan dari South East Asian Peninsular, atau Pesta Olahraga Negara-Negara Semenanjung Asia Tenggara. Anggotanya terdiri dari 6 negara yakni Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Laos dan Burma (kini Myanmar). SEAP Games I diadakan di Bangkok tanggal 12-17 Desember 1959.

Namun "aneh"nya hingga tahun 70-an , keinginan kuat Indonesia dan Filipina untuk bergabung tidak mudah, kalau tak mau dikatakan selalu ditolak terutama oleh Thailand dengan argumentasi bahwa SEAP Games adalah urusan keluarga kecil negara-negara semenanjung.

Memang benar negara Indonesia dan Filipina tidak terletak di semenanjung Asia Tenggara. Tapi benarkah persoalan sesungguhnya hanya soal "semenanjung" semata?

Alasan lain yang tak pernah diucapkan dengan kata-kata bisa saja ada. Misalnya mungkin saja saat itu Thailand sudah tahu potensi besar olah raga Indonesia sehingga bila diajak bergabung, maka ada dominasi yang terganggu.

Tetapi sejak awal SEAP Games memang terus mengalami kendala dalam penyelenggaraannya, terutama dalam hal penetapan negara tuan rumah. Bahkan untuk agenda rencana penyelenggaraan SEAP Games IX sempat terjadi situasi di mana tidak ada satu pun negara anggota yang bersedia jadi tuan rumah. Untunglah pada SEAP Games VIII di Bangkok, SEAP Federation Council bersidang dan Malaysia menyatakan siap jadi tuan rumah SEAP Games IX dengan syarat asal....(jreng jreng jreeengngng...) Indonesia dan Filipina diterima sebagai anggota baru. Dan alhamdulillah persyaratan tersebut dapat diterima secara aklamasi oleh seluruh negara-negara anggota SEAP.

Tak lama setelah itu para anggota SEAP Federation sepakat untuk mengganti nama menjadi South East Asian Games Federation  Dan SEAP Games pun berubahlah menjadi SEA Games.

Maka untuk pertama kalinya, Indonesia dan Filipina mulai turut sebagai negara peserta pada SEA Games IX Kuala Lumpur 1977. Dengan demikian bisa dikatakan juga nama SEA Games pun untuk pertama kalinya digunakan secara resmi bersamaan dengan bergabungnya Indonesia dan Filipina.

Apa makna SEA Games IX bagi Indonesia saat itu?

Terutama setelah SEA Games IX di Kuala Lumpur yang berlangsung tanggal 19-26 Desember 1977 berakhir, Indonesia tak hanya telah resmi sebagai anggota SEA Games yang turut bertanding. Namun lebih dari pada itu , dengan sangat bangga dan penuh selebrasi karena ternyata langsung merebut juara umum di antara 7 negara peserta.

Kontingen Indonesia yang diperkuat 265 atlet dari 18 cabang olah raga berhasil mengukir sejarah dengan merebut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x