Mohon tunggu...
Mohammad Sofi
Mohammad Sofi Mohon Tunggu... Guru - -

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Orientasi Profesional dalam Belajar Bahasa Arab

20 September 2019   07:47 Diperbarui: 20 September 2019   08:03 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Orientasi Profesional dalam Belajar Bahasa Arab
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belajar adalah kata kunci penting pada setiap jenjang pendidikan. Dengan belajar, seseorang berproses untuk mengembangkan kemampuannya. Tanpa adanya proses tersebut sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan. Belajar berlangsung secara aktif dan integrative dengan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai tujuan.

Misalnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Ada banyak macam tujuan yang menjadi dasar bagi seseorang untuk belajar bahasa Arab. Menurut Prof. Aziz Fahrurozi ada 4 orientasi yang menjadi tujuan pembelajaran bahasa Arab. yaitu:

  • (Orientasi religious)
  • (Orientasi akademis)
  • (Orientasi Profesional)
  • (Orientasi Berfikir)

Bagi orang islam, mempelajari bahasa Arab merupakan orientasi religious. Dengan memahami bahasa Arab, orang islam akan memiliki kemantapan dalam menjalankan ibadahnya. Sebagian yang lain, belajar bahasa Arab untuk orientasi berfikir. 

Karena sebagian besar sumber hokum yang ada dalam agama islam berbahasa Arab. tanpa mempelajari bahasa Arab, orang islam tidak akan bisa mengambil hokum dari sumber hokum islam tersebut.

Bagi pembelajar bahasa Arab di pondok pesantren bertujuan untuk menguasai ilmu 'alat. Dengan ilmu alat itulah, pembelajar bahasa Arab di pesantren bisa membaca dan memahami berbagai referensi berbahasa Arab. Pemahaman terhadap ilmu 'alat tersebut akan terus diajarkan kepada setiap santri dari generasi ke generasi.

Selain di pesantren, pembelajaran bahasa Arab juga bisa ditemui di kursus-kursus. Baik itu kursus untuk para pelajar bahasa Arab atau kursus untuk para TKI yang hendak bekerja di negara-negara timur tengah seperti  Saudi Arabia. Bagi pelajar bahasa Arab, mengikuti kursus bahasa Arab sebagai orientasi akademik. 

Dengan mengikuti kursus tersebut, diharapkan bisa menunjang nilai akademik pada bidang study bahasa Arab. Sedangkan bagi para TKI mengikuti kursus bahasa Arab sebagai wujud orientasi professional. Dengan mengikuti kursus tersebut, diharapkan keprofesionalan mereka dalam berbahasa Arab bisa terasah.

Orientasi professional dalam belajar bahasa Arab memang tidak bertujuan untuk memahami dan mendalami berbagai referensi islam yang berbahasa Arab. Ketepatan dalam memahami hokum-hukum islam juga bukan tujuan yang utama. Tujuan yang utama adalah mereka bisa menggunakan bahasa Arab untuk berkomunikasi dengan penutur arab asli. 

Keseharian mereka harus berhadapan dengan penutur Arab asli, sehingga kemampuan mereka kian terasah. Keprofesionalan mereka akan memberi kemudahan, jika mereka tidak professional, mereka akan merasa kesulitan.

Bagi TKI yang akan berangakat ke Negara-negara timur tengah, mempelajari bahasa Arab adalah untuk bertahan hidup. Dengan menguasai bahasa Arab, mereka akan professional dalam menjalankan tugasnya. 

Jika mereka beragama islam, mereka akan mendapat kemantapan dalam beribadah. Kalaupun bukan islam mereka bisa menghidupi keluarga di tanah air dengan keprofesionalannya berbahasa Arab.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan