Mohon tunggu...
Mohammad Sofyan
Mohammad Sofyan Mohon Tunggu... Dosen - Indonesia Shipping Zones

Programer penelitian sosial ekonomi. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Strategi Digitalisasi Bisnis di Era Revolusi Digital

8 Oktober 2021   09:15 Diperbarui: 8 Oktober 2021   09:28 357 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Selama masa pandemi Covid-19, peruabahan persepsi para pelaku bisnis mengenai strategi teknologi informasi merupakan strategi fungsional harus diselaraskan dengan strategi bisnis yang dipilih perusahaan. keselarasan yang dimaksud adalah keselarasan antara strategi bisnis dengan strategi teknologi informasi. 

Infrastruktur bisnis berubah ke arah digitalisasi dengan peningkatan pada interkoneksi antara produk, proses, dan layanan. 

Di banyak perusahaan yang mencakup industri dan sektor yang berbeda, teknologi digital dipandang sebagai kombinasi teknologi informasi, komputasi, komunikasi, dan konektivitas yang secara mendasar mengubah strategi bisnis, proses bisnis, kemampuan perusahaan, produk dan layanan, dan hubungan antar perusahaan utama dalam jaringan bisnis yang diperluas. 

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memikirkan kembali peran strategi teknologi informasi, dari strategi tingkat fungsional yang selaras tetapi pada dasarnya selalu berada di bawah strategi bisnis, hingga peran strategi digitalisasi bisnis yang merupakan perpaduan antara strategi teknologi informasi dan strategi bisnis.

Strategi digitalisasi bisnis merupakan strategi organisasi yang dirumuskan dan dijalankan dengan memanfaatkan sumber daya digital untuk menciptakan nilai tambah, sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas yang mendorong persaingan dan strategi diferensiasi bisnis. 

Adapun strategi digitalisasi bisnis yang bersumber dari Digital Business Strategy: Toward a Next Generation of Insights, meliputi: (1) the scope of digital business strategy, (2) the scale of digital business strategy, (3) the speed of digital business strategy, and (4) the sources of business value creation and capture in digital business strategy.

 The scope of digital business strategy

Memahami ruang lingkup strategi digitalisasi bisnis akan membantu kita untuk lebih memahami hubungannya dengan perusahaan, industri, infrastruktur teknologi informasi, lingkungan eksternal, dan bagaimana strategi digitalisasi bisnis dapat lebih efektif dalam berbagai pengaturan.

Konseptualisasi strategi kompetitif dalam era digital menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana ruang lingkup bisnis terpengaruh oleh digital teknologi. 

Proses strategi digitaliasi bisnis berbeda dari strategi teknologi informasi tradisional, strategi digitalisasi bisnis dapat dipandang sebagai inheren transfungsional. Semua strategi fungsional dan proses adalah meliputi seluruh sumber daya digital yang berfungsi sebagai jaringan yang terpadu.

Strategi digitalisasi bisnis bergantung pada banyaknya pertukaran informasi melalui digital platform di dalam dan di luar organisasi yang memungkinkan multifungsi strategi dan proses untuk tetap saling terkoneksi. Strategi digitalisasi bisnis merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi bisnis pada era revolusi digital saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan