Mohon tunggu...
Qomarul Huda
Qomarul Huda Mohon Tunggu... Bapak satu anak

Masih belajar dunia tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Daring Lebih Asyik Melalui Media Video

22 Februari 2021   20:35 Diperbarui: 22 Februari 2021   20:56 127 2 0 Mohon Tunggu...

Sudah hampir satu tahun pembelajaran daring diterapkan. Tentu banyak suka duka baik dari guru maupun siswa selama belajar jarak jauh ini. Banyak perubahan besar terjadi, mulai dari perangkat pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan lain sebagainya. Selama belajar daring ini setidaknya ada dua kunci supaya kegiatan ini lancar yaitu media digital dan inovasi guru. Media digital sebagai perangkat belajar, sedangkan inovasi diperlukan dapat lebih variatif.

Guru sebagai ujung tombak pendidikan hendaknya berinovasi dalam proses pembelajaran daring ini, tidak hanya sekedar memberikan tugas saja. 

Inovasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan pemasukan, pengenalan hal-hal yang baru atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, alat). Dalam hal ini guru akan berinovasi dalam menyampaikan materi dan tugas agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Dengan pemilihan pembelajaran jarak jauh (distance learning) maka proses belajar mengajar dan penyampaian materi dilakukan dengan bantuan teknologi. 

Dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini segala pekerjaan kita akan bisa dilakukan dengan lebih mudah, apalagi di masa pembelajaran daring sekarang penggunaan teknologi maju dinilai sangat tepat. 

Banyak pilihan tersedia yang bisa diterapkan dengan memanfaatkan teknologi. Dapat dikatakan platform yang cukup sering digunakan dalam pembelajaran daring melalui media digital yang dalam hal ini berupa video.

Menurut KBBI, video merupakan bagian yang memancarkan gambar pada pesawat televisi. Selain itu juga berarti rekaman gambar hidup atau program televisi untuk ditayangkan lewat pesawat televisi. 

Dari makna tersebut, bisa kita ambil kata kunci yaitu gambar hidup atau yang bergerak. Melalui media video, guru bisa menunjukkan kreatifitasnya dalam membuat media pembelajaran. Misalnya dalam pelajaran sejarah, kita mengambil video peristiwa sejarah atau dengan membagikan tautan video tersebut dari youtube.

Guru juga bisa membuat video sendiri dengan cara merekam suaranya sedang memberikan penjelasan, sementara video menampilkan tulisan materi. Di pelajaran matematika kalau saya ambil contoh, penjelasan melalui video ini lebih efektif daripada hanya memberi file materi saja atau siswa cuma diminta mempelajari di buku atau LKS. 

Jika lebih kreatif guru bisa menampilkan dirinya dalam video tersebut sehingga suasananya seperti ketika guru sedang menjelaskan di depan kelas. Video akan semakin menarik jika materi disajikan dalam tampilan yang variatif sehingga siswa menjadi lebih antusias. Seperti saat di dalam kelas, siswa biasanya tertarik dengan video

Jika materi yang akan disampaikan lebih banyak pada praktik, maka guru bisa membuat video di lokasi. Saya mempunyai teman guru mapel fisika yang dalam pembelajaran daring selama ini menggunakan media video. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN