Mohon tunggu...
Mohamad Zulkipli
Mohamad Zulkipli Mohon Tunggu... Lainnya - 1 Shafar 1421 Hijriah.

Penerimaan Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti prodi D-4 Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Perbedaan antara Baking Powder dan Baking Soda

14 Agustus 2022   19:29 Diperbarui: 14 Agustus 2022   19:49 76 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Halo teman -- teman, selamat datang kembali dalam blog pribadi saya, kali ini saya akan sedikit membahas perbedaan antara, Baking Soda, dan Baking Powder. Pasti sahabat semua sudah tidak asing lagi kan dengan dua bahan pengembang kue tersebut? Tapi sebenarnya kalian tau ga apa sih perbedaan di antara kedua bahan tersebut? 

Atau kalian bingung menentukan ingin menggunakan yang mana? Saya akan sedikit sharing kepada kalian tentang perbedaan kedua bahan tersebut dan masing -- masing fungsinya. Sebelumnya saya minta maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kali ini, selamat membaca...


1.Baking Soda,

Baking soda atau soda kue merupakan bahan pengembang yang umumnya digunakan untuk membuat kue yang di kukus/ panggang seperti bolu, martabak dll. 

Baking soda sendiri merupakan bahan makanan yang Terbuat dari bahan Natrium Bikarbonat, pada penggunaannya biasanya penggunaan soda kue memerlukan zat asam contohnya air perasan jeruk guna meningkatkan reaksi Soda kue terhadap makanan yang akan di buat, sedangkan .

2.Baking Powder.

sumber : Pixels
sumber : Pixels


Baking powder juga merupakan bahan pengembang makanan atau kue, dari segi bahan baku, Baling powder juga terbuat dari Natrium Bikarbonat yang di tambahkan Cream Of Tar Tar di dalamnya, cream of tar tar sendiri merupakan zat asam, 

sehingga pada pengolahan kue/makanan yang  menggunakan bahan pengembang Baking powder kita tidak perlu menggunakan zat asam untuk meningkatkan efek baking powder terhadap kue yang kita buat, sebagai contoh membuat bolu kukus, brownis dll. 

Penggunaan baking powder juga mengurangi pori-pori pada kue, berbeda dengan kue/makanan yang menggunakan baking soda, biasanya akan lebih terlihat pori-pori nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan