Mohon tunggu...
Mohamad Zulkipli
Mohamad Zulkipli Mohon Tunggu... Lainnya - 1 Shafar 1421 Hijriah.

Penerimaan Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti prodi D-4 Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Istilah-Istilah Dasar dalam Dunia Pastry dan Bakery

26 Juli 2022   18:49 Diperbarui: 26 Juli 2022   18:51 1000 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo temen-temen, selamat membaca, dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai pastry dan bakery, yang mana  saya akan sedikit membahas istilah -- istilah dasar dalam dunia Pastry dan Bakery.


Buat temen -- temen yang sedang belajar pastry biasanya dalam buku resep sering kita jumpai beberapa istilah -- istilah yang tidak jarang kita tidak pahami, dalam kesempatan ini saya akan bahas beberapa istilah -- istilah dasar dalam dunia pastry dan Bakery.


1.Au Bain Marie.
Au Bain Marie merupakan suatu teknik dalam memanggang, yang mana kita menggunakan media air dalam memanggang, sebagai contoh pada saat membuat Cream Brullle, Cream Caramel , biasanya akan ditemukan teknik pemanggangan dengan tekhnik Au Bain Marie, biasanya kita meletakkan adonan didalam cetakan, lalu di letakan di atas loyang yang sudah terisi air sekitar .

Sumber : Pixels
Sumber : Pixels


2.Kalis.
Kalis merupakan istilah dasar dalam pembuatan adonan roti yang sering kita jumpai di dalam buku resep. Istilah kalis sendiri merupakan ciri -- ciri adonan yang sudah siap untuk dilakukan proses selanjutnya dalam membuat roti, cara menentukan adonan yang kita buat kalis atau tidak biasanya adonan yang kalis akan mudah lentur, memiliki tekstur yang tidak mudah sobek apabila di tarik, dan memiliki tekstur yang elastis.


3.Proofing.
Proofing merupakan istilah yang biasanya terdapat dalam pembuatan roti, istilah proofing  sendiri berarti mengistirahatkan adonan yang bertujuan agar ragi dalam adonan dapat berkembang dan menghasilkan udara, ada beberapa cara dalam proofing ada yang menggunakan mesin pfoofing dan ada juga penerapan secara manual tanpa mesin.

Sumber : Pixels
Sumber : Pixels


4. Dusting.
Dusting merupakan istilah untuk menaburkan gula halus atau icing sugar pada permukaan kue atau donat bahkan roti.


5.Soft peak, Hard Peak.
Istilah tersebut merupakan istilah dalam pengocokan putih telur atau cream, sesuai dengan namanya soft peak berada pada saat cream atau putih telur sudah mulai memutih dan lembut, dengan tekstur yang belum keras, jika saat mengaduk cream atau putih telur sudah mengeras dan kaku maka biasanya saya menyebutnya dengan istilah hard peak.


Nah temen -- temen itu dia beberapa istilah -- istilah dasar dalam dunia pastry dan bakery, selain itu tentunya masih banyak lagi istilah -- istilah lainnya yang masih harus kita pelajari. Terimakasih sudah membaca artikel saya kali ini, sampai jumpa di artikel -- artikel selanjutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan