Mohon tunggu...
Mohamad Asran kiayi
Mohamad Asran kiayi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mohamad Asran Kiayi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendiidikan Universitas Negeri Gorintalo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Peserta Didik

1 Desember 2022   13:44 Diperbarui: 1 Desember 2022   13:57 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mohamad Asran Kiayi 131422098
Dosen Pengampuh : Prof. Novianty Djafri, S. Pd.I, M.Pd.I

ABSTRAK
Perkembngan peserta didik tidak hanya tebatas pada ruang lingkup pertumbuhan yang semakin membesar saja, akan tetapi didalamnya juga terkandung beberapa perubahan yang secara terus menerus dan bersifat tetap dari jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki oleh peserta didik menuju ketahap kematangan, melalui pertumbuhan, pemasakan, dan belajar.
PENDAHULUAN
Dalam seni menjadi seorang pendidik, peserta didik dipandang sebagai manusia yang memiliki potensi yang besifat laten, sehingga membutuhkan binaan dan bimbingan untuk mengembangkan bakat dan karir agar dapat memenuhi kebutuhan tertinggi.
Untuk menghadapi peserta didik dengan berbagai latar belakang, kepribadian, dan tingkat perkembangana , seorang pendidik perlu mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik, motivasinya, latar belakang akademisnya, social ekonominya, dan yang lain sebagainya.
LATAR BELAKANG
Terima kasih kepada Prof.Novianty Djafry, S,Pd. I, M.Pd.I selaku dosen pengampuh saya dan kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyelesaian tugas ini. 

Tugas ini di tulis dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah psikologi pendidikan, sekaligus memahami perkembangan pada peserta didik.
Sebagaimana yang telah di utarakan, perkembanagn peserta didik adalah sebuah disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari tentang perkembanagn tingkah laku peserta didik dalam interaksinya dengan lingkungan. Oleh sebab itu manfaat yang akan di peroleh pendidik dalam mempelajari perkembangan peserta didik ini yaitu dapat membantu pendidik untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pad tubuh, perhatian dan perilakunya.

METODE
Metode ini di tulis dengan metode ilmiah dari buku yang berjudul " Psikologi Perkembanagn Peserta Didik " yang di tulis oleh Dra. Desmita M.Si. Dengan memanfaatkan sumber yang terpercaya dan relevan dengan permasalahan yang sedang dibahas.
PEMBAHSAN
Hakikat Perkembanagan
Setiap siswa terlahir memiliki karakteristik yang unik dan berbeda, sehingga guru tidak dapat memaksa kehendak siswa. Terdapat sepuluh jenis karakteristik siswa, yaitu kecerdasan, kesiapan belajar, motivasi belajar, perkembangan sosial, budaya, gaya  bkognitif, bekal ajar awal, perkembangan emosional, gaya belajar, dan kebutuhan belajar

Perkembangan merupakan sebuah konsep yang cukup kompleks. Didalamnya terkandung banyak dimensi. Oleh sebab itu, untuk dapat memahami konsep dasar perkembangan, perlu di pahami beberapa konsep lain yang terkandung didalamnya, diantaranya pertumbuhan, kematangan dan perubahan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembanagan
Ada 3 faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, yaitu:

Faktor yang Berasal dari Diri Individu
Bakat atau Pembawaan
Setiap individu memiliki bermacam-macam bakat sebagai pembawaanya. Seperti bakat music, seni, agama, akal yang tajam dan sebagainya.
Sifat-Sifat Keturunan
Sifat keturunan individu dipusakai dari nenek moyang yaitu dapat berupa fisik dan mental. Mengenai fisik misalnya bentuk muka, bentuk badan, suatu penyakit, dan mengenai mental misalnya sifat pemalas, sifat pemarah, sifat pendiam, dan sebagainya.
Dorongan dan instink
Dorongan adalah koadrat hidup yang mendorong manusia melaksanakan sesuatu atau bertindak pada saatnya. Sedangkan instink adalah ilmu tersembunyi yang membisikan kepada manusia bagaimana cara-cara melaksanakan doronga-dorongan batin

Faktor yang Berasal dari Luar Individu  
Makanan
Makanan merupakan factor yang sangat penting bagi pertumbuhan yang normal dari setiap individu. Dalam rangka perkembangan dan pertumbuhan anak menjadi sehat dan kuat, perlu memperhatikan makanan, tidak saja dari segi jumlah makanan yang di terima tubuh, melainkan juga dari segi mutu makanan itu sendiri.
Kebudayaan
Latar belakang budaya suatu bangsa sedikit namyak juga mempengaruhi perkembanagn seseorang, misalnya latar belakang budaya desa, keadaan jiwanya masih murni, masih yakin akan kebersamaan dan kekuasaan tuha, akan terlihat lebih tenang, karena jiwanya masih berada dalam lingkungan kultur. Lain ghalnya dengan seseorang yang hidup dalam kebudayaan kota yang sudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing.
 Ekonomi
 Latar belakang ekonomi   juga sangat berpengaruh terhadap perkembanagn peserta dididk. Mereka menderita kekurangan secara ekonomis, sangat menghambat pertumbuhan jasmani dan perkembanagn jiwa peserta didik.

Faktor Umum  
faktor umum maksudnya unsure-unsur yang dapat digolongkan dalam penggolongan dua faktor di atas, yaitu faktor dari dalam dan dari luar diri individu. Jika faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan merupakan campuran dari kedua unsur, maka hal tersebut dikatakan sebagai faktor umum, faktor umum yang mempengaruhi perekembanagn individu peserta didik, diantaranya yaitu intelegensi, jenis kelamin, kesehatan, ras dan lain sebagainya.

 REFERENSI
Brand, S., Falner, R., Shim, M., Seitsinger, A., & Dumas, T., (2003), "Middle school improvement and reform: Development and Validation of a school-level assessment of climate cultural pluralism, and school safety" Journal of educational psychology,3, 570-588
Clara R pudjojogyanti, (1993), Konsep diri dalam pendidikan, Jakarta: Arcan.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun