Mohon tunggu...
Yamin Mohamad
Yamin Mohamad Mohon Tunggu... Guru - Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali.

Guru SD yang pernah tidak memiliki cita-cita. Hanya bisa menulis yang ringan-ringan belaka. Tangan kurus ini tidak kuat ngangkat yang berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Cara Menggunakan Voice Typing dalam Google Docs

5 September 2022   14:35 Diperbarui: 6 September 2022   11:28 390 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi pengguna akun belajar.id, Google Workspace for Education (GWE) memberikan sejumlah kemudahan dalam membuat dan mengolah data sampai melakukan interaksi secara maya dalam kegiatan pendidikan melalui sejumlah aplikasi yang tersedia. 

GWE adalah rangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan untuk sekolah dan homeschooling untuk berkolaborasi, menyederhanakan pengajaran, dan menjaga pembelajaran tetap aman.

GWE memberikan fasilitas berupa alat/aplikasi untuk membantu proses belajar dan mengajar dan pengelolaan data secara virtual. Alat atau aplikasi itu berupa Google Classroom (Ruang Kelas), Google Meet, Google Doc (Google Dokumen), Google Form (Google Formulir), dan Google Chat dan beberapa feature lain yang dapat diakses menggunakan akun belajar.id. GWE merupakan layanan gratis yang diluncurkan oleh Kemdikbud hasil bekerjasama dengan Google. 

Salah satu aplikasi yang tersedia dalam google workspace itu adalah google docs. Aplikasi ini merupakan layanan pengolah kata yang disediakan oleh Google. Aplikasi ini secara umum dapat disejajarkan dengan pengolah data word office milik pesaing google yaitu microsoft. 

Sama dengan word office, google docs memiliki fungsi sebagai pengolah kata yang memungkinkan penggunanya membuat, mengedit, dan berbagi dokumen untuk diakses dimana saja dan kapan saja. Google Docs merupakan fitur hasil inovasi untuk pengeditan dokumen bersama secara online. Anda dapat melakukan kolaborasi dengan rekan Anda untuk menghasilkan sebuah dokumen dalam satu file. Ini sebuah inovasi yang memungkinkan dua orang mengelola sebuah dokumen tanpa harus menggandakan dokumen tersebut.

Google docs memilki banyak kelebihan yang belum banyak dioptimalkan. Salah satu alat yang tersedia dalam google docs adalah voice typing. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membuat notula rapat atau membuat catatan hasil kegiatan tertentu, dengan catatan tersedia jaringan internet.

Fitur ini dilengkapi kemampuan mengubah suara menjadi teks. Anda cukup berbicara tentang sesuatu yang akan ditulis di dekat speaker. Dengan mengaktifkan voice typing, suara tersebut akan diketikkan secara otomatis pada dokumen yang sedang diaktifkan

Cara menggunakannya sangat mudah. Untuk mengakses tools voice typing, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke google docs. Ingat gunakan akun belajar.id untuk login.

Pada halaman kerja google docs terdapat menu bar yang terdiri dari sub menu berupa File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Extensions, dan Help. ini tampilan jika menggunakan bahasa Indonesia.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan