Mohon tunggu...
Mohamad Ashabul Yamin
Mohamad Ashabul Yamin Mohon Tunggu... Guru - Guru SD yang suka menulis tetapi tidak punya "tulisan"

Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Serba-Serbi Pemanfaatan Internet

1 Juli 2022   20:47 Diperbarui: 1 Juli 2022   20:53 141 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Internet dewasa ini seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar umat dunia. Tidak saja menjadi kebutuhan masyarakat kota tetapi internet sudah merambah ke daerah terisolasi sekalipun.

Dikutip dari katadata.com (7/2/2022), jumlah pengguna internet di seluruh belahan bumi mencapai 4,95 milyar. Jumlah penduduk bumi sendiri, dilansir dari kompas.com (9/6/2022), diklaim mencapai angka 8 milyar manusia. Ini berarti pengguna internet global mencapai 62% dari penduduk bumi.

Tingginya penggunaan internet dapat disebut berbanding lurus dengan perkembangan produk gawai. Setiap orang dapat memenuhi ambisinya memiliki telepon pintar dengan cash atau kredit. Banyak orang rela menyisihkan belanja hariannya untuk mendapatkan alat komunikasi yang menjanjikannya berselancar dalam dunia maya.

Kemudahan terhadap akses jaringan juga menjadi pemicu lainnya. Sejumlah provider atau perusahaan penyedia layanan yang menghubungkan konsumen dengan jaringan internet juga bersaing menawarkan layanan terbaik.

Salah satu provider terbaik di Indonesia adalah IndiHome Provider ini merupakan merupakan salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia Tbk. IndiHome atau Indonesia Digital Home menawarkan produk berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah, internet, dan layanan televisi interaktif. Indihome telah melebarkan sayapnya hampir ke seluruh penjuru negeri dengan layanan jaringan fiber optik yang ditawarkan.

Angka pengguna internet itu merupakan indikator bahwa kebutuhan internet tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder tetapi telah menjadi kebutuhan dasar pada sebagian besar manusia.

Betapa pentingnya kebutuhan internet itu dapat dirasakan oleh kompasianer sendiri. Ketika kehabisan kuota atau tidak memiliki akses internet, seakan kita kehilangan sesuatu yang paling penting.

Keberadaan Internet dewasa menjadi semacam pemantik perubahan. Derasnya arus informasi yang mengalir di dalamnya telah memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk mengakses berbagai peristiwa, kejadian, dan perkembangan ilmu pengetahuan. Tanpa beringsut dari tempat duduknya, melalui gawai di tangan, seseorang dapat mengetahui kejadian atau peristiwa di tempat yang paling jauh di planet ini. Bahkan peristiwa yang terjadi di luar angkasa sekalipun. 

"Satu-satunya yang belum dapat diakses oleh teknologi internet saat ini hanya peristiwa akhirat," kata seorang teman saya dalam sebuah obrolan.

Internet atau Interconnected-Networking telah memberikan sumbangan informasi dan aktivitas komunikasi nyaris tanpa batas. Internet tidak saja sebagai sumber informasi tekstual dan visual tetapi telah menjadi media komunikasi antar manusia secara sinkronus dalam rentang jarak tak bertepi. Komunikasi secara langsung itu dilakukan melalui sejumlah aplikasi tatap maya, seperti zoom, gmeet, etc.

Saya sendiri merupakan salah satu dari 4.95 milyar pengguna internet global. Internet telah memberikan pengaruh beberapa hal dalam kehidupan saya dan pengguna internet. Jika ingin merinci bentuk pemanfaatan internet mungkin bisa mencapai angka ratusan atau ribuan. Tetapi saya mencoba memerasnya dalam pemanfaatan secara umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan