Mohon tunggu...
Mohamad Abyhafsy Al Ayuby
Mohamad Abyhafsy Al Ayuby Mohon Tunggu... Pelajar / XI MIPA 2 / SMAN 28

I'm a Student Of SMAN 28 and i'm proud to be it.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Karantina di Rumah Terasa Bosan? Inilah Tips and Tricks untuk Menghilangkannya

2 Agustus 2020   23:00 Diperbarui: 2 Agustus 2020   23:06 19 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karantina di Rumah Terasa Bosan? Inilah Tips and Tricks untuk Menghilangkannya
Foto Stock (source by Freepik.com)

Bosan, itulah kondisi yang sering kita rasakan pada waktu-waktu saat ini. Apalagi dengan adanya peraturan untuk tetap dirumah, hal ini membatasi kegiatan sehari-hari kita untuk mengisi waktu. Hal ini sangatlah tidak enak untuk dirasakan. Apalagi Kondisi ini dapat menggangu kondisi mental kita.

Jujur saja, Saya sebagai pemuda yang senang untuk beraktivitas, membuat saya bertanya-tanya "adakah hal yang bisa saya lakukan agar Saya tidak merasa bosan disaat karantina ini?". Nah, dari pertanyaan inilah yang membuat saya tertarik untuk memberikan Tips and tricks untuk menghilangkan rasa bosan versi terjebak di rumah.

Apa saja Tips and tricks-nya?  Yuk kita pelajari dan pahami penjelasan berikut ini!

1. Mengubah Mindset "karantina di rumah"

Mindset, sebuah pola pikir yang dapat membentuk kebiasaan berpikir dari seorang individu. Tentu saja Mindset menjadi hal utama yang harus diubah sebelum Anda melakukan Tips and tricks yang saya berikan. Kenapa? Karena seberapa besar usaha yang Anda keluarkan, rasa bosan tidak akan pernah hilang jika Anda tidak mau merubah Mindset Anda.

Photo Stock (source by Freepik.com)
Photo Stock (source by Freepik.com)
Orang selalu berpikir bahwa karantina ini membuat segala hal menjadi sulit untuk dilaksanakan. Tapi, coba pikirkanlah bahwa karantina ini adalah sebuah cara alternatif untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan pemikiran seperti ini, Anda akan merasa bahwa kegiatan apapun yang anda lakukan berjalan seperti hari-hari normal. Seiring waktu berjalanpun Anda akan nantinya terbiasa akan aktivitas yang sering anda lakukan sehari-hari hingga tidak terasa seperti Anda sedang terkarantina di rumah.

2. Memahami tujuan dari karantina di rumah

Kebanyakan masyarakat kita sebenarnya belum memahami betul tujuan dari diberlakukannya karantina. Hal ini terbukti dari perilaku masyarakat yang masih melanggar aturan dengan beraktivitas diluar rumah yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini justru memperparah kondisi saat pandemi dan memperlama durasi diberlakukannya karantina.

ilustration by bruce mars - Unsplash.com
ilustration by bruce mars - Unsplash.com
Tujuan sebenarnya dari karantina ini ialah untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat. Tujuan lainnya ialah supaya Anda tetap aman di rumah dan tidak terjangkit dengan Covid-19. Jika Anda memahami betul tujuan dari karantina ini, Anda pasti segan untuk keluar rumah saja. Karena Anda masih dapat melakukan aktivitas Anda tanpa adanya resiko yang membahayakan kesehatan Anda.

3. Mengubah perspektif dalam melakukan suatu kegiatan

Kegiatan yang kita lakukan pada saat karantina mungkin terasa bosan dan itu-itu saja. Bekerja dilakukan di ruang kerja, belajar dilakukan di kamar tidur, membaca buku dilakukan di ruang keluarga. Walaupun berbeda ruangan tetapi kegiatan tersebut masih terasa bosan karena dilakukan di satu tempat secara besar, yaitu di rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN