stragegi pembelajaran ini bisa diartikan sebagai konsep yang didalamnya berisi tentang rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai pembelajaran tertentu. kemudian bahan ajar disini yaitu suatu kumpulan materi pembelajaran yang disusun secara sistematis, yang akan menampilkan keseluruhan mulai dari kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dalam kegiatan belajae mengajar. kemudian pembelajaran akidah akhlak bisa diartikan sebagai suatu upaya sadar yang sudah terencana yang bertujuan untuk mengenal allah.
Memahami dan menghayati dan merealisasikannya dalam perilaku akhlak mulia yang akan di implementasikan dalam kehiduoan sehari hari. disini ada beberapa jenis bahan ajar. yang pertama yaitu bahan ajar certak. kemudian bahan ajar dengar, bahan ajar pandang dan bahan ajar interaktif. dalam memilih bahan ajar ada beberapa kriteria salah satunya yaitu. sesuai dengan yang dibahas saat ini. kemudian adanya informasi pendukung dan. dala Penyampauan haruslah singkat padat dan sederhana.
kemudian langkah langkah dalam pemanfataan bahan ajar
1. strategi penyampaian bahan ajar oleh guru
-strategi urutan penyampaian simultan
-strategi penyampaian fakta
-strategi penyampaian konsep
2. strategi mengajar materi afektif
3. strategi mempelajari bahan ajar oleh siswa
-menghafal
-mengaplikasikan
-menemukan
-memilih
kemudian macam" strategi pembelajaran akidah akhlak yaiu
1. strategi pembelajaran ekspositori (SPE)
2. strategi pembelajaran inkuiri (SPI)
3. strategi pemebalajaran berbasis masalah (SPBM)
4. strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB)
5. strategi pembelajaran konstekstual (CTL)