Mohon tunggu...
Mohamad haqiqifebriyanto
Mohamad haqiqifebriyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Suka membaca

Menambah wawasan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan dan Stratifikasi Sosial

31 Oktober 2020   10:56 Diperbarui: 2 Juni 2021   09:16 1509 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan dan Stratifikasi Sosial. | Kompas

Berbicara tentang stratikasi sosial. Stratifikasi sosial ini sudah lumrah terjadi pada kalangam masyarakat. Yang pada kenyataannya akan ada yang namanya lapisan atau golongan golongan masyarakat, dengan tingkatan yang berbeda beda. Robert M.Z menyatakan stratifikasi sosial adalah penggolongan orang orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial.kedalam lapisan lapisan hierarkis sesuai dengan dimensi kekuasaannya. 

Maka dapat kita simpulkan bahwa stratifikasi sosial itu adalah suatu pengelompokan masyarakat untuk membedakan antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. Terdapat 3 tingkatan dalam stratifikasi sosial. Yang pertama yaitu, strata kelas atas, strata kelas menengah, dan strata kelas bawah. Pada dasarnya di dalam masyarakat ada 4 yang sangat berpengaruh dalam pembentukan stratifikasi sosial.

Baca juga: Adanya Lapisan dalam Masyarakat Secara Bertingkat (Stratifikasi Sosial)

Yang pertama yaitu kekayaan. Jadi kekayaan disini menjadi penentu tingkatan masyarakat. Jadi barang siapa yang paling kaya maka dia akan berada pada kelas paling atas

Yang kedua, ukuran kekuasaan. Jadi ukuran kekuasaan disini juga menjadi suatu tolak ukur dalam stratifikasi sosial. Jadi barang siapa yang mempunyai kekuasaan. Maka dia akan berada pada kelas atas dalam lapisan masyarakat. Pada dasarnya kekuasaan disini tidak bisa terlepas dengan yang namanya kekayaan. Karena kekuasaan disini bisa mendatangkan kekayaan

Yang ketiga, ukuran kehormatan. Gelar kehormatan disini biasanya diberikan kepada orang orang yang sudah berjasa kepada masyarakat tersebut. Seperti halnya seorang kepala suku, pemuka agama dll.

Baca juga: Stratifikasi Sosial dan Pendidikan

Yang keempat, ukuran ilmu pengetahuan. Jadi barang siapa yang ilmunya paling tinggi, maka dia akan berada pada lapisan masyarakat kelas atas, ilmu disini tidak hanya dalam hal akademik saja, melainkan juga profesi, seperti dokter, insinyur dan lain".

Kemudian sifat stratifikasi sosial ini bisa bersifat terbuka, tertutup, maupun campuran. Yang mana bersifat terbuka disini yaitu memungkinkan masyarakat untuk berpindah kasta. Berbeda dengan stratifikasi tertutup, dimana masyarakat yang ada didalamnya tidak bisa pindah kasta dengan sebab apapun. Kemudian stratifikasi campuran. 

Baca juga: Hubungan Pendidikan dan Stratifikasi Sosial

Pada hal ini yaitu perpaduan antara terbuka dan tertutup, jadi pada dasarnya ini terjadi pada masyarakat yang pindah ke daerah yang baru. Yang berbeda sifat. Yang awalnya berada pada lingkungan tertutup,Kemudian pindah ke lingkungan terbuka. Jadi bisa saha orang tersebut pindah kasta, sesuai dengan jerih payahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan