Mohon tunggu...
Kuliah Kerja Nyata
Kuliah Kerja Nyata Mohon Tunggu... KKN TEMATIK KELOMPOK 58 UM JEMBER

Instagram @kknumjember58

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Asah Literasi Anak di Masa Pandemi Dengan Membaca dan Bimbingan Belajar

23 Maret 2021   21:15 Diperbarui: 23 Maret 2021   21:31 119 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asah Literasi Anak di Masa Pandemi Dengan Membaca dan Bimbingan Belajar
Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Kompasiana, Situbondo - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Jember (UM Jember) yang tergabung dalam Kelompok 58 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 berupaya meningkatkan minat baca dan literasi belajar anak di masa pandemi melalui taman baca dan bimbingan belajar rumah ke rumah.

Tempat yang menjadi sasaran yaitu di Dusun Alas Pinang dan Dusun Selatan Ledeng Desa Sumber Pinang Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Kegiatan taman baca dan bimbingan belajar ini dilakukan rumah ke rumah warga pada program minggu kedua hari Selasa, 02 Maret 2021 sampai Sabtu, 06 Maret 202 mulai dari pukul 11.45 Wib-Selesai dengan jumlah 28 anak yang berasal dari tiga SD di Desa Sumber Pinang.

Khawatir Minat Baca dan Literasi Anak Menurun

Mahasiswa UM Jember KKN Kelompok 58, Moh Syamsi Qurtubi (Koordinator Desa) berharap dengan adanya taman baca rumah ke rumah sekaligus bimbingan belajar membantu dan mempermudah akses untuk membaca buku terutama literasi dalam belajar membaca, menulis, hitungan matematika, pengetahuan umum dan menyelesaikan tugas yang diberikan guru selama masa pandemi covid-19. Banyak dukungan dan respon positif dari para orangtua pada kegiatan literasi melalui taman baca rumah ke rumah. Puluhan anak-anak asyik membaca buku dan merasa senang ketika mendapat bimbingan belajar. Kegiatan taman baca terinspirasi penjual es wawan keliling, sekali mampir banyak anak yang suka dan menginginkannya.

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi
Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

" Bahan buku hasil pengumpulan pribadi oleh Mahasiswa Kelompok 58 yang berupa buku paket sekolah dasar, buku bacaan fiksi maupun non fiksi, referensi seperti kamus, ensiklopedia, atlas dan lainnya. Buku-buku dimasukkan dalam wadah kardus ukuran besar yang ditempel poster, kemudian dirapikan sesuai kategori usia buku bacaan. Pembagian pos baca dusun Alas Pinang di Musholla dan dusun Selatan Ledeng di masing-masing rumah warga, setiap dari satu orang mahasiswa bertangung jawab mendampingi 2-3 anak dengan batas waktu membaca kurang lebih 45 menit. Kemudian ditambah waktu literasi bimbingan belajar secara bergantian setiap 15 Menit." ujar Syamsi selaku Koordinator Desa. Sabtu, (06/03/2021)

Anak perlu motivasi belajar dan bimbingan belajar

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi
Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Kepala Desa (Kades) Sumber Pinang Ahkmad Rasidi mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

"  Potensi desa Sumber Pinang mempunyai empat wilayah dengan kondisi wilayah daerah pegunungan dan persawahan. Mayoritas pekerjaan adalah buruh tani, petani dan pekerja lepas. Adanya wabah pandemi Covid-19 juga berpengaruh pada pembelajaran anak-anak saat dilakukannya sistem daring atau online terutama pada daerah pelosok desa yang kesulitan akses internet, sedangkan para orangtua kebingungan karena gagap teknologi (gaptek) dan tidak menggunakan media sosial.  " ungkapnya Rasidi Selaku Kepala Desa Sumber Pinang. Rabu, (24/02/2021).

Mahasiswa UM Jember KKN Kelompok 58 terdiri dari enam orang, mereka adalah Moh Syamsi Qurtubi, Umi Nur Havivi, Arman Nur Rofiqi, Randi Bahar Maulana, Tugiswan Tirani dan Yazied Haqiki tak melupakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 dengan memberikan pemakaian masker, hand sanitizer dan jaga jarak. Tidak lupa selesai kegiatan mereka membagikan camilan atau permen pada setiap anak sebagai motivasi dan rasa syukur karena sudah semangat dalam membaca dan belajar

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x