Mohon tunggu...
Moh Imron
Moh Imron Mohon Tunggu... Imron

Mahasiswa IAIN KUDUS Jawa Tengah, Anak Rumahan, cah gabut.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dinamika Teknologi Informasi terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Milenial

11 Mei 2019   08:45 Diperbarui: 2 Juni 2019   09:53 360 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dinamika Teknologi Informasi terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Milenial
Teknologi Informasi yang Sangat Penting Dalam Konteks Education. Foto dari: (Ririnerviana.blogspot.com)

Di masa milenial ini sebagian banyak masyarakat terutama pendidik kurang dalam mengetahui pengaplikasian teknologi informasi dalam suatu pembelajaran sehingga metode maupun pola yang diajarkan masih tradisional yang dampaknya proses belajar mengajar kurang maximal. 

Padahal pengaruh teknologi terhadap pola pembelajaran sangat kuat sekali, yang bersifat mendasar terletak pada pengembangan pola pembelajaran, pengembilan keputusan pembelajaran, serta tumbuhnya berbagai sumber belajar.

Media atau teknologi pembelajaran, dalam memahami media pembelajaran lebih baik sebelumnya harus mengetahui maupun memahami teknologi pembelajaranya. 

Banyak orang awam yang mengira bahwa teknologi itu adalah mesin atau hal-hal yang berkaitan dengan mesin. Namun teknologi itu merupakan integrasi yang universal dari manusia, ide, mesin, prosedur dan pengelolaan.

Teknologi alangkah baiknya dipahami sebagai upaya yang mengarah pada peningkatan efektifitas dan efisiensi, dan teknologi tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya masalah, karena sejatinya teknologi lahir dan dikembangkan dalam kehidupan manusia untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh umat manusia.

Dalam proses pembelajaran terdapat unsur-unsur pokok di dalamnya yang meliputi: guru yang profesional, siswa yang berkembang, metode maupun pendekatan, respon dan perubahan tingkah laku. 

Teknologi informasi dapat diterapkan dalam pembelajaran harus memperhatikan tiga hal pertimbangan: pertama karena alasan instansi sekolah yang sudah mempunyai lebih dari cukup komputer. Kedua karena Negara Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang sangat luas. Ketiga karena alasan untuk kesamaan penerimaan mutu dalam memperoleh materi.

Melalui pemanfaatan teknologi informasi, materi atau bahan ajar dapat diakses siapa saja dan kapan saja, yang dimana ada dalam mengakses bahan/materi ajar ada batasan-batasan bagi siapa yang mengakses, hanya untuk orang-orang yang sudah mendaftar yang bisa mengakses materi ajar tersebut. Mengingat Negara bertanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka seharusnya negara perlu menyediakan materi ajar dengan mempekerjakan ahli yang mempunyai kualitas tinggi untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Sehingga masyarakat Indonesia mampu bersaing dengan masyarakat luar negri baik dilihat dari skill, kreatif, maupun intelegensi.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran sangat penting sekali di era modern saat ini, seperti komunikasi elektronik telah menjadi salah satu strategi untuk mendukung maupun meningkatkan proses pembelajaran supaya proses pembelajara semakin maksimal. Aspek paling penting dalam proses pembelajaran adalah komunikasi antara peserta didik dengan pendidik tanpa mengenal batas waktu.

Dalam lingkup pendidikan, Teknologi dan Informasi sudah diadopsi dan digunakan dalam berbagai dimensi. Seperti dalam bidang pembelajaran, penelitian, dan metode pembelajaran. Dalam bidang pendidikan agama, pendekatan teknologi sangat diperlukan untuk menghadirkan kualitas mutu pendidikan agama islam. pendidikan agama islam sangat membutuhkan campur tangan dari teknologi dan informasi dalam proses pembelajarannya sehingga akan menimbulkan dampak karakter yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN