Mohon tunggu...
Moerhadie Berbagi
Moerhadie Berbagi Mohon Tunggu...

Tertarik dalam bidang edukasi dan teknologi informasi. Memiliki visi yaitu ingerasi bidang edukasi dengan teknologi informasi. Saat ini banyak berkarya dalam bidang mutimedia dan IT untuk pendidikan seperti multimedia interaktif, video pembelajaran, sistem informasi pendidikan dan lain sebagainya. Web Blog: moerhadieberbagi.com Komunikasi via email dapat dilakukan melalui: moerhadie@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL: Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian

23 April 2015   10:13 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:46 1756 0 0 Mohon Tunggu...

Penggunaan software statistik untuk membantu peneliti melakukan analisis data sudah sangat meluas. Saat ini hampir tidak ada peneliti yang masih menghitung atau menganalisis datanya dengan cara manual. Hal ini terjadi dikarenakan sudah sangat akuratnya hasil perhitungan software dibandingkan perhitungan manual. Bagi orang yang sudah dulu belajar/mengerti statistik secara manual, tentu tidak kesulitan untuk membaca hasil output software. Akan tetapi, bagi orang yang belum belajar statistik manual kemudian belajar software, mungkin akan sedikit kesulitan untuk menalar.

Oleh karena itu, buku ini hadir kepada pembaca untuk menjembatani antara perhitungan manual dengan perhitungan software. Penulis memberikan ulasan dahulu tentang pemilihan rumus statistik dan cara kerja software. Oleh karena itu, buku ini diharapkan akan mudah dipelajari oleh orang yang baru belajar komputasi statistik maupun yang ingin belajar statistika untuk penelitian. Selain itu, buku ini diharapkan dapat melengkapi buku perhitungan statistika secara manual yang lebih dulu terbit.

Ada semakin banyak software komputasi statistik yang telah tersedia di pasaran. Dua yang paling populer adalah Statistical Package for Service Solution (SPSS) dan Linear structural relationship (Lisrel). Dua program ini cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Uraian buku ini adalah cukup detail dan mudah diikuti oleh pembaca dari berbagai jenjang pendidikan. Langkah-langkah operasi komputasi dengan software dan konsep dipadukan menjadi satu agar mudah diikuti. Secara umum buku ini ditujukan bagi pemula yang ingin belajar statistik maupun yang ingin belajar lebih banyak tentang komputasi statistika untuk penelitian.

(Penulis: Prof. Sugiyono dan Agus Susanto, Penerbit: Alfabeta, Tahun: 2015, Tebal: 492 hlm.)

VIDEO PILIHAN