Mohon tunggu...
Muhibuddin Aifa
Muhibuddin Aifa Mohon Tunggu... Wiraswasta

Jika Membaca dan Menulis adalah Cara yang paling mujarab dalam merawat Nalar, Maka Kuliah Adalah Pelengkapnya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hagia Sophia Magnetnya Dunia

13 Juli 2020   14:06 Diperbarui: 18 Juli 2020   23:01 240 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hagia Sophia Magnetnya Dunia
www.sindonews.com

"Hagia Sophia yang berdiri kokoh dengan kubah yang besar ditambah lagi bentuk bangunan yang menjulang tinggi ke angkasa seolah-olah menyentuh langit Asia dan Eropa"

Kejayaan Islam di Turki sangatlah masyhur, dari semenjak Khalifah Turki Usmani, menjadikan negara tersebut sebagai kawasan yang sangat disegani oleh dunia.

Kenyataan tersebut tidak hanya tercatat dalam lembaran sejarah, namun bukti sejarah lainya yang terdiri dari bangunan-bangunan yang mempunyai kaitan sejarah masih terawat dengan baik disana.

Salah satunya adalah Hagia Sophia yang berdiri kokoh dengan kubah yang besar ditambah lagi bentuk bangunan yang menjulang tinggi ke angkasa seolah-olah menyentuh langit Asia dan Eropa.

Terkait dengan bangunan tersebut, baru-baru ini Pemerintah Turki melalui pengadilan tinggi setempat telah menetapkan Hagia Sophia sebagai mesjid untuk tempat beribadah umat muslim, tentunya kabar ini membuat hati umat Islam menjadi sangat bahagia.

Pasalnya keberadaan Hagia Sophia semenjak pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk setelah menjatuhkan khalifah ottoman, Hagia Sophia dijadikan mesium yang menjadi pusat destinasi wisata dunia baik bagi kalangan umat Islam maupun umat Kristen dan umat lainnya.

Apa yang menjadikan bangunan tersebut menjadi magnetnya dunia?, tentunya bukan tanpa satu alasan yang kuat. Selain dari kemegahan dan keindahan bangunan yang bernuansa timur tengah, dari sisi lain juga mempunya nilai historis yang tinggi.

Paska diumumkannya tentang alih fungsi Hagia Sophia dari mesium menjadi mesjid sebagai tempat beribadah umat muslim oleh Presiden Recep Tayyib Erdogan pada hari juma't (10/07/2020) yang dilansir oleh aceh.tribunnews.com .

Sejak itu telah membuat keberadaan bangunan tersebut semakin dikenal dunia, keberanian Erdogan dalam mengambil keputusan itu patut di apresiasi setinggi-tingginya, hal ini membuktikan bahwa betapa pentingnya memiliki penguasa yang berani, tegas dan peduli terhadap kebangkitan Islam. Dalam berbagai kesempatan Erdogan selalu menunjukan keberanian dalam menentang kezaliman dan memperjuangkan kebenaran.

Pemimpin sekaliber itu sangat di nanti-nantikan oleh Rakyat Indonesia yang mayoritasnya Islam, akan tetapi nampaknya menantikan akan hal itu, seperti berharap menemukan jarum dalam tumpukan jerimi.

MENGAPA HAGIA SOPHIA MENJADI MAGNETNYA DUNIA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN