Mohon tunggu...
Modi Aulia
Modi Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Alhamdulillah BarakallahūüôŹ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN-DR: Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Mengubah Nasi Basi Menjadi Pupuk Organik Cair di Desa Warungdowo, Kabupaten Pasuruan

6 Agustus 2021   10:17 Diperbarui: 6 Agustus 2021   11:34 107 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN-DR: Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Mengubah Nasi Basi Menjadi Pupuk Organik Cair di Desa Warungdowo, Kabupaten Pasuruan
Dok. pribadi

KKN-DR Merupakan Program dari kampus yang dimana pelaksanaanya dilakukan dari Rumah. Program KKN-DR itu sendiri mempunyai arti yaitu Kuliah Kerja Nyata dari Rumah yang dimana kegiatannya bisa dilakukan kapan saja dari rumah tanpa harus bertemu atau bertatap muka langsung dengan masyarakat. Bagi Mahasiswa yang tengah menempuh studi di Perguruan Tinggi tentu tidak akan asing lagi dengan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN-DR kali ini dilaksanakan pada 1 Juli 2021 - 14 Agustus 2021 dengan point-point tertentu dimana harus dipenuhi Mahasiswa pelaksana KKN-DR.

Di masa Pandemi virus corona ini tidak menghalangi bagi kegiatan pendidikan di Universitas PGRI Wiranegara kota Pasuruan,meskipun kegiatan KKN-DR tahun ini sedikit berbeda dengan KKN tahun sebelumnya. Di Tahun ini KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata dari rumah) yang pelaksanaannya bersifat individu yang fokus pada  pencegahan covid-19 dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membentuk Keluarga Berpendidikan Tinggi agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi di masa pandemi Covid 19.

Dalam hal ini Penulis yang merupakan Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Kota Pasuruan (UNIWARA), Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP), angkatan tahun 2018 bernama Modi Aulia yang dimana Penulis sedang mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah atau disingkat KKN-DR di desa Warungdowo Kabupaten Pasuruan. Dalam Program KKN-DR ini dengan memanfaatkan dan mengolah kembali Nasi Basi  atau Limbah Rumah Tangga lainnya menjadi Pupuk Organik Cair (POC) untuk tanaman. "Kenapa saya memilh Nasi Basi menjadi Bahan Utama pembuatan Pupuk Cair kali ini , karena kebanyakan saya melihat Nasi Basi atau Nasi Sisa dibuang begitu saja. Nah daripada Nasinya hanya dibuang Percuma terpikirlah saya untuk mengolah Nasi Sisa atau Nasi Basi ini dalam pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) untuk tanaman, karena Pupuk ini sangat bermanfaat dalam menyuburkan Tanah atau Tanaman" Ungkap si Penulis. Dan Pupuk Organik Cair (POC) ini sendiri memiliki banyak manfaat yaitu Menyehatkan Tanaman, Meningkatkan Produksi Tanaman, Menambah unsur hara Tanah atau Tanaman.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Gambar diatas merupakan hasil akhir Pupuk Organik Cair. Pembuatan Pupuk Organik Cair dari nasi basi atau nasi sisa ini sangat Mudah, yang pertama siapkan bahan yang diperlukan seperti : Talenan, Pisau, Wadah atau baskom, Toples atau Botol, Saringan, Corong, Spatula, dan Ember. Nah Kalau bahan yang diperlukan sudah ada tinggal pengaplikasiannya nih,caranya yaitu :

1. Langkah pertama siapkan wadah kecil atau toples terlebih dahulu.

2. Langkah kedua Kepal nasi basi dengan genggaman tangan,masukkan ke dalam toples dan tutup Toples.

3. Letakkan toples berisi nasi basi di tempat yang gelap selama 3- 4 hari.

4. Langkah selanjutnya kamu larutkan 100 gram gula merah (iris-iris terlebih dahulu) dengan 500 ml air di dalam baskom sambil di aduk dengan spatula, sampai gula merah benar-benar larut kedalam air.

5. Setelah gula merah larut, kemudian kamu masukkan nasi basi yang sudah di diamkan 3-4 hari tadi  ke dalam larutan gula merah. Kemudian diaduk kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x