Mohon tunggu...
Moch. Marsa Taufiqurrohman
Moch. Marsa Taufiqurrohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hukum (yang nggak nulis tentang hukum)

Seorang anak yang lahir sebagai kado terindah untuk ulangtahun ke-23 Ibundanya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Kiat-kiat agar Motor tetap Awet

14 Juli 2019   18:10 Diperbarui: 14 Juli 2019   18:17 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: jatim.tribunnews.com

Tulisan ini adalah hasil dari desakan teman-teman yang penasaran dengan rahasia keawetan tiga motor saya. Ketiga motor tersebut Honda Supra X 2005, Honda Vario 125 cc 2012, dan Honda Beat 2015.

Yang ingin saya share disini adalah pengalaman saya dengan ketiga motor motor saya yang tidak pernah bermasalah selama bertahun-tahun. Sebut saja Honda Supra X 2005 yang baru berganti Accu tiga kali sejak 2005 -- 2019, Honda Vario 125 cc 2012 yang baru berganti Accu tahun 2018, dan motor saya Honda Beat 2015 yang tidak pernah rewel sama sekali. Umumnya motor matic Honda Vario selalu mengganti Accu nya setelah 2 tahun karena mungkin sudah bermasalah, namun motor Honda Vario milik saya selama 6 tahun belum pernah ganti Accu, dan tidak pernah rewel sama sekali.

Oke agar kalian nggak lama-lama penasaran, langsung saja ini dia tips and trick dari saya, kiat-kiat agar motor kita tetap awet:

1. Pasang Skotlet di seluruh tubuh motor

Banyak yang bilanng bahwa pasang Skotlet di seluruh body motor adalah berlebihan, nyatanya memasangkan skotlet di seluruh body motor dapat memperlama look motor agar tetap menawan. Skotlet akan meminimalisir geratan pada motor kalian ketika terserempet, terores ataupun jatuh. Selain itu skotlet dapat menjaga warna asli motor tersebut agar tidak cepat pudar.

Nah jika skotlet sudah mulai jelek dan memudar warnanya, kalian boleh ganti dengan skotlet yang baru, saya sarankan untuk menggunakan skotlet bening, agar warna dan corak asli bawaan motor tetap kentara dan mengurangi kesan alay pada motor.

Memang sih butuh biaya maha, tapi demi motor tetap awet mau gimana lagi.

2. Sering-sering menggunakan Starter kaki (Kick Starter)

Ini nih yang paling sering diremehkan bagi pengguna motor, mereka lebih sering menggunaka handstarter daripada kickstarter. Padahal starter tangan yang berlebihan dan sering akan memperpendek umur Accu.

Ini adalah trick yang diwariskan dari ayah saya untuk saya yang paling ampuh, terbukti dengan lebih sering menggunakan kickstarter, moto saya bisa bertahan selama 6 tahun tanpa ganti Accu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun