Mohon tunggu...
Moch. Ferry Dwi Cahyono
Moch. Ferry Dwi Cahyono Mohon Tunggu... Pekerja sosial supervisor PKH Kota Batu
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

To Helping People and To Help Themselves

Selanjutnya

Tutup

Finansial

FDS PKH, Pengelolaan Keuangan Keluarga

9 Mei 2019   10:54 Diperbarui: 9 Mei 2019   11:36 0 0 0 Mohon Tunggu...
FDS PKH, Pengelolaan Keuangan Keluarga
Dokpri

Family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu dilaksanakan pada kelompok Jaya Abadi. Berlokasi di Songgokerto diikuti 17 keluarga penerima manfaat (kpm).

"Materi yang disampaikan di family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) ialah pengelolaan keuangan keluarga. Salah satu sesi dari modul pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha," ungkap Nana sapaan pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Batu.

Pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu Nurjanah, salah satu pendamping sosial yang mengikuti diklat family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) secara daring (dalam jaringan) nantinya juga akan mengikuti diklat luar jaringan (luar jaringan).

Keluarga Penerima manfaat (kpm) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial memperhatikan dengan antusias materi yang disampaikan oleh pendamping sosial PKH Kota Batu. Antusias tersebut terlihat dari fokus memperhatikan edukasi (pendidikan), setiap bahasan pengelolaan keuangan keluarga.

Bahasan pengelolaan keluarga mengambil peranan penting mengingat sebagian besar ibu-ibu keluarga penerima manfaat (kpm) mengambil andil dalam pengelolaan keuangan di rumah tangga masing-masing. Keuangan perlu diatur karena setiap keluarga penerima manfaat (kpm) memiliki kebutuhan dan juga keinginan, pendapatan maupun pengeluaran yang tentu berbeda.

Aspek perhitungan pendapatan dan pengeluaran juga penting dicermati setiap waktu. Bantuan PKH Kementerian Sosial yang keluar setiap tiga bulan sekali bisa ditabung untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak dan penting, bukan digunakan untuk memenuhi keinginan yang sifatnya bisa ditunda bahkan dibatalkan.

Pekerja sosial supervisor
PKH Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono

VIDEO PILIHAN