Mohon tunggu...
Mochammad Rizal Adje Cahyono
Mochammad Rizal Adje Cahyono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember

Saya suka dengan seni dan budaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Si Miliarder Kini Bermuram Durja

22 September 2022   02:05 Diperbarui: 22 September 2022   02:12 123 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia negeri yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, negeri yang kaya akan budaya, kekayaan alam hingga SDM nya ini pun menjadikan primadona dan daya tarik Indonesia sendiri. 

Negara Maritim itulah sebutannya, karena wilayah Indonesia sendiri sebagian besar wilayahnya adalah perairan yaitu senilai 70% luasnya adalah laut, sementara hanya 30% luasnya berupa daratan. Kekayaan alam bawah laut mulai dari terumbu karang, ikan-ikanan, hingga rumput laut memiliki daya Tarik tersendiri. 

Letak Indonesia yang berada diantara 2 lempeng dan strategis ini pula yang menyebabkan Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah bak surga yang tersembunyi.

Indonesia sendiri juga terletak diantara 2 samudra yaitu Samudra Hindia pada sisi selatan dan Samudra Pasifik pada sisi utara. Indonesia juga memiliki wilayah perairan yang digunakan sebagai jalur transportasi, baik skala nasional bahkan skala internasional.

Garis pantai yang panjang menyebabkan Indonesia mempunyai ratusan atau bahkan ribuan Kota pesisir di Bumi Pertiwi ini. Kota pesisir ini menjadikan sektor perikanan dan perairan menjadi sektor utama mata pencaharian beberapa kota ini salah satunya juga adalah Kabupaten Tuban. Kabupaten yang tersohor akan Kare Rajungannya itu terletak di Pesisir Pantura ( Pantai Utara ) Jawa Timur. 

Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan di Sisi Timur, Kabupaten Bojonegoro di sisi selatan, Kabupaten Rembang di sisi barat, dan Laut Jawa di sisi utara. 

Kabupaten Tuban yang mungkin tidak dikenal banyak orang tentunya terus berbenah guna menarik daya tarik pelancong. Tuban sendiri tidak hanya menonjol pada sektor perikanan dan perairan tetapi dalam sektor pertanian dan hasil hutan berupa kayu jati pun menjadi komoditas Kabupaten Tuban.

Dalam zona lintas Pantura ( Pantai Utara ) Kabupaten Tuban tentunya terus dalam upaya menggugah daya tarik pengunjung luar mulai dengan cara memperbaiki infrastruktur yang ada, perbaikan jalanan, penambahan beberapa wisata mulai dari wisata religi, edukasi hingga rekreasi. Dalam upaya peningkatan eksistensi dan daya tarik kabupaten ini. 

Wisata religi yang menjadi ikon Kabupaten Tuban yaitu Makam Sunan Bonang pun tak kalah dengan wisata yang lain, karena setiap tahun bahkan setiap bulannya tiada berhenti pengunjung yang datang pada wisata ini. Daya tarik yang beda juga adalah tata cara penjemputan nya yang menggunakan becak yang tentunya mampu menarik para peziarah yang datang. 

Tentunya dengan itu mampu membantu perekonomian warga Tuban sendiri yang bekerja sebagai pembecak dan membuka lapangan pekerjaan bagi pedagang di sekitar tempat ziarah.

Dengan perkembangan Kabupaten Tuban yang mulai signifikan dikarenakan akan adanya juga pengadaan industri di Kabupaten ini. Kawasan industry yang memang sedari dulu sudah ada di Kabupaten Tuban seperti contohnya PT. Semen Indonesia terbukti mampu bertahan sampai sekarang. Kebutuhan masyarakat akan adanya ketersediaan bahan bangunan lah yang menyebabkan industry tersebut mampu bertahan di Kabupaten ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan