Mohon tunggu...
Mochammad Phalevi
Mochammad Phalevi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

bismillah semoga alhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kelas Online Mahasiswa Komunikasi

25 Juni 2021   16:06 Diperbarui: 25 Juni 2021   16:09 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

JAKARTA - kali ini saya akan membagikan opini saya terkait kuliah online dari sisi mahasiswa komunikasi.Saya merupakan Mahasiswa Komunikasi semester 6 disalah satu perguruan tinggi Swasta di kawasan Jakarta Selatan.menurut saya kuliah online sedikit merugikan mahasiswa tak hanya mahasiswa komunikasi.Mahasiswa-mahasiswa yang menempuh fakultas yang berbeda mungkin merasakan hal yang sama dengan apa yang saya alami.dari materi hingga proses perkuliahan saya rasa kurang efektif mengapa demikian ? 

Karena tak sedikit mahasiswa yang kurang paham tentang materi yang diberikan oleh dosen melalui sarana ppt ataupun file baca.mungkin dengan sedikit gaya mengajar yang berbeda seperti diselingi dengan video ataupun games saya rasa proses belajar mengajar akan jauh lebih efektif dan bervariasi sehingga mahasiswa tidak monoton dan lebih memahami tentang apa yang diberikan oleh dosen-dosen.dan terkhusus mahasiswa komunikasi banyak yang sedikit bingung dengan materi yang diberikan oleh dose  dibeberapa Mata Kuliah.terlebih Mata Kuliah yang bersifat praktek dalam pembelajarannya jika hanya diberikan materi saja saya rasa tidak cukup jika tidak dibarengi dengan praktek yang pas bagi materi yang sedang dipelajari

Kuliah offline dengan metode tatap muka dinilai sudah sangat efektif bagi mahasiswa.mungkin jika offline dan online dipadukan.Saya rasa bisa menjadi bahan pertimbangan dengan materi yang diberikan saat online pada saat prakteknya di kuliah offline.jadi mahasiswa tidak hanya menerka-nerka tentang materi yang diberikan oleh dosen.tetapi untuk menjalankan kuliah tatap muka ini tak segampang membalik telapak tangan terlebih disituasi seperti ini.Covid 19 memiliki varian terbaru yang lebih mematikan.yang dapat kita lakukan hanya berdoa dan memperketat protokol kesehatan yang telah diberikan oleh pemerintah agar situasi pandemi ini cepat berlalu dan kita kembali ke kehidupan normal yang biasa kita lakukan seperti dulu 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun