Mohon tunggu...
Mochammad AlIkhsan
Mochammad AlIkhsan Mohon Tunggu... Mahasiswa aktif Ekonomi Pembangunan Universitas Jember

Sedang menempuh Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan di Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

New Normal

29 Mei 2020   07:21 Diperbarui: 29 Mei 2020   07:22 6 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal
statik.tempo.co

Sebuah normal baru adalah dimana kehidupan normal yang biasanya manusia lakukan setiap hari menjadi lebih berbeda dari biasanya dikarenakan adanya dampak yang membuat kehidupan yang berjalan biasanya seperti makan dan minum, bekerja, berpergian, kencan mungkin kalau mempunyai pasangan, serta bersosialisasi dengan konsep"dari dulu" menjadi sebuah Normal yang Baru.

Normal baru ini tidak lain karena disebabkan oleh Covid-19, sebuah virus yang dulunya kita lawan  dan beberapa hari yang lalu berdamai sekarang menjadi pendamping setia kita. Dengan adanya aturan normal baru yang dikeluarkan pemerintah, maka masyarakat akan diperbolehkan menjalani aktivitas rutin seperti bekerja, berpergian, hangout, dan berbagai kegiatan lainnya asal tetap menerapkan "Protokol Kesehatan" yang diberlakukan oleh pemerintah. 

Maka kegiatan di bidang seperti pekerjaan, pendidikan, kesehatan, travelling dll.akan di buat sebuah protokol kesehatan tersebut. Dengan adanya protokol ini maka kegiatan akan dibatasi seperti dilarang berdekatan, memakai masker setiap saat, cek kesehatan berskala, dan membatasi interaksi yang tidak diperlukan. Hal ini tak lain dikarenakan agar perekonomian di Indonesia tetap berjalan sehingga tidak terjadi PHK, mendapatkan kembali income sehingga roda ekonomi dapat berjalan kembali.

Normal baru ini sejalan dengan konsep Herd Immunity dimana masyarkat akan berperang dengan corona menggunakan imunittas/antibodi pada tubuhnya sendiri. Selain meningkatkan imunitas sebagai internal act, menuruti dan berpedoman kepada protokol kesehatan termasuk external act. 

Pemerintah dalam hal ini perlu menggodok regulasi protokol dengan baik agar penyebaran virus corona dan perekonomian Indonesia tetap berjalan. Hal ini juga harus disinergikan dengan masyarakat umum agar seimbang dengan pelaksanaan normal baru. Maka penulis menyarankan kepada pembaca agar:

  • Meningkatkan imunitas dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta menjaga pola tidur agar badan tetap fit menjalani normal baru.
  • Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku agar mencegah penularan Covid-19.
  • Menimalisir berpergian dengan mengedepankan urgensi dan kebutuhan dari kita.
  • Berdoa kepada Yang Maha Esa dikarenakan do'a merupakan kebutuhan spiritual manusia

Mari mempersiapkan normal baru dengan baik dan seksama agar keamanan dan keberlangsungan kehidupan di dunia dapat berjalan dengan baik dan kembali aman, damai, serta tentram.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x