Mohon tunggu...
Mochammad Alwi Hidayat
Mochammad Alwi Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis apa saja yang ingin ditulis. Seorang mahasiswa yang ingin berbagi pengalaman dan memberi manfaat kepada orang lain melalui tulisan. "Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah," Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Dapat Beasiswa Kuliah Gratis, Sulitkah?

1 Desember 2022   05:17 Diperbarui: 1 Desember 2022   05:36 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sulitkah dapat beasiswa pendidikan kuliah gratis? /Pixabay

Sulitkah mendapatkan beasiswa kuliah gratis? pertanyaan ini yang mungkin muncul di benak siswa yang baru lulus dari bangku SMA dan juga teman-teman mahasiswa yang berjuang mendapatkan beasiswa kuliah.

Pastinya mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah impian bagi banyak orang. Terutama bagi teman-teman yang ingin meringankan beban biaya perkuliahan.

Dari beasiswa kuliah gratis ini akan sangat menunjang aktivitas perkuliahan kita maupun pengembangan diri nantinya. Seperti yang diketahui pengembangan diri dalam pendidikan ini sangat penting karena mempengaruhi saat lulus nantinya.

Apakah benar pertanyaan dapat beasiswa kuliah gratis sulit?

Langsung saja dari pengalaman penulis, dapat dikatakan bahwa beasiswa kuliah itu didapatkan dengan gampang-gampang sulit. Ada faktor X yang bisa mempengaruhi teman-teman mendapatkan beasiswa.

Entah itu faktor rezeki, persiapan, akses informasi, pemahaman, dan lain-lainnya. Dari sini dapat disimpulkan mendapat beasiswa akan gampang dan sulit ketika dihadapkan pada situasi berikut.

Dapat beasiswa akan sulit ketika seseorang (baik siswa maupun mahasiswa) tidak aktif mencari informasi seputar beasiswa. Padahal jika ditilik kembali sudah ada banyak pihak pemerintah maupun swasta yang menawarkan beasiswa kuliah gratis.

Tinggal bagaimana seseorang tersebut aktif menggali informasi dengan teknologi seperti media sosial, media berita, dan lain-lain. Mungkin bisa sambil santai-santai mencari informasi beasiswa. Update informasi di sosmed sangat diperlukan agar tidak ketinggalan informasi pendaftaran beasiswa.

Kemudian, yang membuat mendapat beasiswa sulit adalah ketika persiapan seseorang kurang. Untuk mendaftar beasiswa pastinya ada persiapan seperti menghighlight tanggal, persiapan berkas-berkas, dan persiapan memperbaiki branding diri. 

Mungkin dua hal ini yang membuat seseorang sulit mendapat beasiswa. Lalu, beasiswa akan terasa mudah didapatkan ketika teman-teman mempersiapkan diri dengan maksimal.

Mulai dari update dalam mencari beasiswa di instagram, tiktok, youtube, dan lain sebagainya. Kemudian, aktif mencoba terus setiap menemukan informasi beasiswa. Yang penting adalah kita berani mencoba terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun