Mohon tunggu...
Mochammad Syihabbudin
Mochammad Syihabbudin Mohon Tunggu... Mahasiswa Pasca Sarjana Uin sunan Ampel Surabaya

Menulis itu curhat yang paling total dalam sebuah perjalanan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Investasi Kemandirian dan Tanggung Jawab di Mulai dari Kelas

18 April 2021   21:00 Diperbarui: 28 April 2021   22:35 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Investasi Kemandirian dan Tanggung Jawab di Mulai dari Kelas
photo-1619623971431-608980c58ede486090239362.png

Banyaknya pengangguran di negeri ini menjadikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, pemberdayaan kualitas anak muda di dalam penguasaan skill hanya sekilas konsep yang terdapat di lembaga pendidikan, bahkan hari ini masih banyak anak muda yang hanya membuang waktunya dan mengeluh tanpa bertindak apa pun dalam kehidupannya, hal itu sangat penting dalam sebuah konsep dan gerakan sehingga menjadikan peserta didik termotivasi dalam mengenali potensi yang ada dalam dirinya. 

Hal itu bermula dari sebuah kemandirian dan tanggung jawab yang dibangun dari sebuah kerangka pemikiran di ruang kelas. Karena kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadikan peserta didik mempunyai investasi dalam kehidupannya. Hal itu harus terfokuskan agar investasi itu tidak menjadi sampah yang membebani pemikirannya.

Usaha sadar yang dilakukan pemerintah, lembaga pendidikan dan peserta harus dimulai dari sekarang, harus dimulai dari pendidikan karena hanya pendidikan yang akan menjadikan wadah terbaik dalam pengembangan tanggung jawab dan kemandirian untuk saat ini. Karena kemandirian dan tanggung jawab merupakan hal terpenting dalam semua tindakan manusia. Karena hal itu adalah investasi kebiasaan yang akan mencetak manusia yang kokoh dalam mengambil keputusan dalam hal apa pun. 

Hal itu harus segera mungkin di konsep dalam sebuah pendidikan hari ini, krisis tanggung jawab dan kepercayaan diri memang sedang terjadi hari ini terhadap dunia pendidikan, banyak sekali contoh yang menunjukkan itu, hal itu menjadikan pekerjaan rumah yang luar biasa sehingga akan menjadikan profil lulusan yang akan kuat dalam menjalani kerasnya dunia dengan konsep kemandirian dan tanggung jawab yang dimulai dari bangku sekolah.

Sehingga akan bisa menjawab tuntutan dunia kerja yang mempunyai kompetisi yang tak sama dengan kelas, karena ketika anak lulus itu adalah awal dari peperangan, sikap, aksi yang pernah diajarkan di bangku kelas harus bisa diterapkan ketika sudah keluar dari lembaga pendidikan.

Tulisan : Mochammad Syihabbudin di rumah pada tanggal " 18-04-2021

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x