Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Guru - Menjaga Hati Nurani

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jangan Jadi Sok Pahlawan

28 Desember 2021   07:05 Diperbarui: 28 Desember 2021   07:09 130 25 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bermain sepak bola bukankanlah bermain sendirian. Bola ada permainan tim. Ada 11 pemain berlaga di lapangan. 

Jika pemain bola merasa hebat sendiri, maka akan selalu muncul petaka. Sudah banyak terjadi sehingga banyak bisa dipelajari. Sejarah adalah buku pelajaran paling otentik. 

Kita bermain sebelas orang. Musuh, atau lebih tepat disebut lawan main, juga jumlahnya sama. Sehingga akan saling mengalahkan antara tim sebelas orang dengan tim yang juga terdiri atas 11 orang. 

Ketika satu tim bermain kurang kompak. Atau ada salah satu pemain yang merasa hebat. Bisa  menggolkan sendiri ke gawang lawan. Maka akan terjadi satu orang melawan 11 orang. Jalan akan selalu tertutup. Daerah lawan seakan diberi tembok dan susah ditembus. 

Apalagi gawangnya. Bisa jadi, tak bisa tersentuh oleh bola, apalagi terancam segala. Setiap serangan yang mengandalkan individu akan dibunuh setiap kali melewati garis tengah. 

Dan saya sendiri sering melihat penonton yang memaki jika ada pemain yang egois ingin menjadi pahlawan dalam sebuah pertandingan. Seolah dia lebih baik dalam sebuah tim. 

Dalam piala AFF ini sudah dirasa ada perubahan. Ada kerjasama tim untuk menang. Walaupun kadang masih terlihat ada pemain yang memaksakan diri lupa untuk berbagi. 

Ya, tim tidak memerlukan pahlawan. Karena semua akan menjadi pahlawan ketika menang.  Sehingga kerja sama akan selalu dijadikan filosofi hidup para pesepakbola muda kita. 

Semoga hari Rabu nanti tim nasional kita menang melawan Thailand di final AFF leg pertama. Dan akan dikukuhkan di leg kedua pada Sabtu mendatang. 

Mungkin negeri ini juga bisa berkaca pada sepakbola sebagai sebuah tim. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan