Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Guru

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri

Selanjutnya

Tutup

Media

"Tuyul-tuyul" di Kompasiana

13 Oktober 2017   09:27 Diperbarui: 13 Oktober 2017   10:45 311 5 3
"Tuyul-tuyul" di Kompasiana
dok pribadi


Kemarin saya bangga, saat menulis di Kompasiana dan banyak yang baca.  Sekarang tidak lagi.  Ternyata terlalu banyak tuyul di Kompasiana.  Tak ada rasa bangga sedikit pun ketika nongol jumlah pembaca yang lumayan banyak.  Karena angka keterbacaan itu hanya tuyul.

Saya tak tahu apa itu IP, tapi saya jelas bingung saat ikut kegiatan menulis di Content Affiliation yang digembar gemborkan pengelola Kompasiana.  Rasa iseng turut menggelayut.

Tapi apa dikata.  Keikutsertaan saya di kegiatan itu yang kemudian membuka mata saya tentang keterbacaan sebuah tulisan di Kompasiana bisa begitu jomplang dengan keterbacaan yang dihitung oleh Kompasiana sendiri.  

Misalnya saja dalam tulisan saya yang berjudul Seandainya Novanto Mau Melarikan Diri, tertulis pembacanya ada di atas 900.  Tapi tuyulnya terlalu banyak.  Dan di Conten Affiliation ternyata hanya 64 orang yang membaca.  Siapa ratusan lebihannya?  Tuyul-tuyul.

novanto-59e023df63eae71360532ec2.jpg
novanto-59e023df63eae71360532ec2.jpg

Demikian juga dengan artikel yang lain.  Ada dua lainnya.  Kebetulan memang ada 3.  Dan selalu seperti itu.  Apakah bisa dijelaskan dengan baik dan benar, tuyul-tuyul yang saya maksud itu?

Penasaran aja.  Kalau jawabannya rasional, saya akan ikut terus kegiatan Conten Affiliation.  Kalau asal, saya tak butuh itu! Terima kasih.

dok pribadi
dok pribadi


dok pribadi
dok pribadi