Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Guru

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Bebas Iklan Asal Bisa Bayar

13 September 2017   17:18 Diperbarui: 13 September 2017   17:27 239 3 1
Bebas Iklan Asal Bisa Bayar
dok pribadi

Iklan bebas saja, yang penting punya duit buat bayarnya.

betulkah seperti itu?  Saya sendiri tak tahu persis tentang aturan periklanan.  Tapi, kalau ngelihat iklan di hampir semua media baik yang online atau yang cetak tentang sebuah perumahan yang bahkan dikatakan belum punya izin, maka mataku jadi sepet banget.  Masa iya sih, hidupku dan hidup orang yang suka baca dibombardir iklan itu itu juga.  Baca koran, iklannya itu.  Pas baca yang online juga iklannya itu.  Bahkan di media cetak tidak tanggung-tanggung, 5 halaman full.

Sebelumnya juga mataku dibuat sepet saat ngelihat iklan partai politik di tv yang dimiliki orang yang sama dengan pemilik partai yang diiklankan.  Masa iya sebanyak itu.  Mentang mentang tv sendiri dan partai sendiri.  Tapi yang liat kan mataku, mata rakyat negeri ini.  Emang bisa seenak sendiri.

Aduh, bisa nggak sih, iklan diatur lebih baik lagi.

Paling tidak ada batas kewajaran sebuah iklan.  Jangan ngeganggu mata siapa pun di negeri ini seenaknya karena dia punya segala.  Kita harus berbagi ruanglah.

Seandainya, negeri ini bisa berbagi ruang, termasuk ruang iklan, pasti ke depan akan lebih baik lagi.  Udah hidup sumpek, masa dunia batin kita juga disempekin oleh iklan juga.

Masyaallah.