Mohon tunggu...
Mobinta Kusuma
Mobinta Kusuma Mohon Tunggu... Emak. Lecturer. Impact maker. Brand Activist. Entrepreuner

Ibu dengan 2 anak laki-laki yang comel. Dosen Prodi Pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal. Local Brand Activist. Entrepreuner. Suka dengan dunia women empowering. Impact Maker Learner.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pekan Ilmiah Sains 2020, Asah Literasi Sains Siswa

11 Maret 2020   01:41 Diperbarui: 21 Maret 2020   19:58 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pekan Ilmiah Sains 2020, Asah Literasi Sains Siswa
Opening Ceremony PIS 2020 | dokpri

Pekan Ilmiah Sains (PIS) merupakan agenda tahunan kemahasiswaan Program studi Pendidikan IPA, Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalis Prodi Pendidikan IPA V. Prodi Pendidikan IPA telah berdiri tanggal 20 Maret 2015, bahkan sebelum meluluskan mahasiswa pertamanya, sudah diberi kepercayaan oleh BAN PT dengan terakreditasi B pada Tahun 2019. 

"Saat ini Prodi Pendidikan IPA tengah mempersiapkan usulan PPG IPA, target kami pertengahan tahun 2020 sudah ada PPG IPA. Prodi Pendidikan IPA saat ini juga sedang merintis untuk pembukaan kelas internasional " ujar M. Aji Fatkhurrohman selaku Kaprodi .
Pekan Ilmiah Sains 2020 terdiri atas kegiatan Pancasakti Science Competition (PSC) tingkat SD s.d SMA, pancasakti poster competition (PPC), Seminar lingkungan Hidup, Expo Media Pembelajaran IPA, Bazar mengambil tema "LEAD (Literasi Edukasi Aktif Dedikasi) Menyokong Milenial Kreatif dan Berjiwa Pancasila". 

PIS 2020 menghadirkan partisipan kegiatan sebanyak 423 peserta yang terdiri dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Mahasiswa serta Guru. Kegiatan PIS  merupakan salah satu wujud komitmen program studi pendidikan IPA dalam mewujudkan visinya, "Unggul dalam Literasi Sains" . 

Tujuan utama diadakannya kegiatan PIS sebagai upaya peningkatan atmosfer akademik internal maupun eksternal Program studi Pendidikan IPA. Sasaran internal yaitu dosen dan mahasiswa, sedangkan eksternal yaitu siswa, guru dan praktisi/pemerhati sains/lingkungan. 

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Dekan FKIP UPS Tegal, Dr. Purwo Susongko yang menyatakan bahwa "Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan PIS 2020 menjadi salah satu  learning model based on experience yang sangat mempengaruhi pembentukan karakter mahasiswa".

Pemenang PIS 2020 | dokpri
Pemenang PIS 2020 | dokpri
Juara PSC Jenjang SD diraih oleh SD THHK Tegal sebagai Juara 1, MIN 1 Brebes sebagai Juara 2, SDN Mangkusuman 1 Tegal sebagai Juara 3.  PSC jenjang SMP diraih MTs Negeri 2 Brebes (Juara 1 & 2), Mts N 1 Pemalang (Juara 3). Juara 1 dan 2 PSC Jenjang SMA diraih oleh MA Al Hikmah Brebes, Juara 3 diraih oleh SMA N 1 Tegal.  

Diharapkan dengan kegiatan di atas, mahasiswa mampu meningkatkan keilmuan dan softskillnya, dosen mampu meningkatkan perannya di masyarakat, siswa semakin bersemangat dalam belajar sains karena ada wadah bergengsi "kompetisi sains", guru dapat mengevaluasi capaian siswanya dan praktisi/pemerhati sains/lingkungan dapat meningkatkan keilmuannya. 

Semoga dengan Dies Natalis V, Program studi Pendidikan IPA semakin unggul.

VIDEO PILIHAN