Mohon tunggu...
Muhammad Natsir Tahar
Muhammad Natsir Tahar Mohon Tunggu... Writerpreneur

Muhammad Natsir Tahar ~ Writerpreneur - penikmat filsafat - hidup di Batam, Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mereka Para Filantropis Radikal

13 Oktober 2019   18:26 Diperbarui: 14 Oktober 2019   01:50 0 9 5 Mohon Tunggu...
Mereka Para Filantropis Radikal
Ilustrasi: cdn.asiatatler.com

Bila Bill Gates tanpa sengaja menjatuhkan seribu dolar atau 14 juta rupiah dan butuh waktu empat detik mengambilnya kembali, ia dapat saja mengabaikannya karena dalam empat detik yang sama, jumlah uang dalam rekeningnya telah bertambah seribu dolar.

Bos Facebook Mark Zuckerberg mungkin paling cepat butuh dua menit untuk menggosok gigi, dan selama dua menit itu kekayaannya bertambah Rp 834 juta. Sekali matanya berkedip ia diganjar sekitar Rp 7 juta oleh semesta raya (berdasarkan rilis Forbes, Maret 2018).

Empat detik Bill Gates setara dengan setahun upah pekerja biasa menyedihkan di sudut Mozambik atau Togo di Afrika. Lalu apa yang salah di planet ini ketika ada surga dan neraka yang hadir serentak.

Selena Gomez diganjar 7,4 miliar untuk sekali posting di Instagram, dan Cristiano Ronaldo 5,4 miliar. Sementara seorang netizen acak harus mencekik kartu kreditnya untuk dapat posting tentang satu lokasi eksotis biasa-biasa saja, lalu diganjar beberapa like penuh kepalsuan (like balasan).

Apakah Tuhan telah tertidur? Tuhan tidak pernah tidur satu nanodetik sekalipun. Selalu ada alasan untuk Bill dan Zuckerberg serta para super crazy rich lainnya menjadi sangat kaya. 

Mereka sekaligus adalah penderma paling super. Filantropis paling radikal dari siapapun yang paling bercita-cita menjadi kaya raya.

Bos Microsoft, Bill Gates adalah penyantun paling gila sejagat raya. Sedikitnya USD 27 miliar telah dialirkan melalui yayasan amal miliknya, Bill & Melinda Gates Foundation.

CEO berjuluk Oracle of Omaha, Warren Buffett juga menjadi filantropis yang paling dermawan. Ia telah menyumbang USD 21,5 miliar. Sedangkan orang terkaya dunia asal India Azim Premji didaulat sebagai filantropis dunia,  usai menyedekahkan US$8 miliar dari kantong pribadinya.

Sementara Mark Zuckerberg seperti dicatat CNBC, menjadi pria muda yang juga dijuluki sebagai filantropis paling dermawan abad ini. Ia diketahui menyumbang US$1,9 miliar untuk badan amal yang dibuatnya, Chan Zuckerberg Foundation.

Sebelumnya, Mark juga pernah dinobatkan sebagai crazy rich muda paling dermawan di Amerika Serikat setelah menyumbang USD 990 juta pada 2014. Pula Cristiano Ronaldo dan Selena Gomez tak henti terlibat dalam banyak aksi filantropi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2