Mohon tunggu...
MP
MP Mohon Tunggu... Mari Menulis

Hidup mesti bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sabar, Vaksin Covid-19 untuk Purwakarta Kemungkinan Awal Februari 2021

21 Januari 2021   03:01 Diperbarui: 21 Januari 2021   19:10 56 2 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung dan belum memperlihatkan tanda-tanda terjadinya penurunan pada kasus pasien terkonfirmasi. Namun, Pemerintah Indonesia sudah memberikan secercah harapan dengan menghadirkan sebuah angin segar melalui adanya vaksin Covid-19 yang sudah mulai disebar ke sejumlah wilayah di tanah air.

Tetapi, vaksin Covid-19 rasanya harus menunggu bagi wilayah Purwakarta. Sebab, berdasarkan keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta bahwa vaksin Covid-19 akan datang ke Purwakarta pada akhir Januari 2021 dan kemungkinan baru dilakukan pelaksanaan vaksinasi pada awal Februari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Elitasari Kusuma Wardani mengatakan bahwa vaksin Covid-19 baru mulai datang dari pusat ke provinsi pada 25 Januari 2021. Sehingga ada kemungkinan baru datang ke Purwakarta pada 27 atau 28 Januari 2021.

"Mungkin kami baru bisa mendapat vaksin di akhir Januari ini. Tapi, sambil menunggu vaksin kami terus lakukan sosialisasi ke sejumlah unsur lintas sektor dan utamanya tenaga kesehatan dan warga," katanya, Kamis (21/1/2021).

Rencananya, mekanisme pelaksanaan vaksinasi di Purwakarta, Elitasari menyebut akan memanfaatkan sistem aplikasi yang bernama P-Care, sehingga tenaga kesehatan yang menjadi orang pertama yang mendapat vaksin bisa mendaftar melalui aplikasi itu dan nanti akan mendapatkan sms untuk menentukan lokasi juga jamnya.

"Ada 2.120 nakes yang bakal mendapatkan vaksin di tahap pertama ini. Kuota yang kami dapatkan sekitar 4 ribuan lebih vaksin untuk dua kali penyuntikan kepada nakes yakni pada hari pertama dan hari ke 14," ujarnya. (*)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x