Mohon tunggu...
MMirza NushrilWalid
MMirza NushrilWalid Mohon Tunggu... Mahasiswa - POIUYTREWQ

QWERTYUIOP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Membahas Emosi Pada Otak Manusia

23 Mei 2022   08:38 Diperbarui: 23 Mei 2022   08:38 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo... pernah nggak sih kalau marah-marah Terus kek temen kalian bilang kalau bahwa ah Love Motion banget orangnya atau pernah Nggak kalian ngeliat temen kalian yang gampang Baper gampang nangis dan menyebut si Temen kalian itu orang yang emosional NahLabel-label tadi emosional hemosianin Tuhan menggunakan satu kata yang sama Yaitu emosi itu Tapi sebenernya emosi Itu apa sih Apakah emosi itu ketika kita Gampang marah-marah atau justru emosi Jadi banyak banget dari kita yang Bingung ketika ditanyain Emang emosi itu Apa? Nah.. pada kesempatan kali ini akan membuat tentang Apa itu ? Kenapa emosi bisa ? dan apa sih Pengaruhnya ke hidup kita ? jadi apa Itu emosi kata emosi itu berasal dari Bahasa Latin yang artinya adalah Bergerak kalo dalam bahasa Inggris emosi Itu emo Hai Nah kenapa dinamain emotion karena Ada kata motion di dalamnya yang artinya Tadi bergerak arti kata ini menunjukkan Bahwa emosi itu punya andil dalam Mendorong manusia untuk bertindak dan Melakukan sesuatu tanpa emosi manusia bakal tuh terdorong untuk melakukan Sesuatu baik itu untuk hal simpel makan Atau mungkin sekompleks untuk kerja dan Lain sebagainya ya Terus apa itu Emosi adalah pola reaksi kita Terhadap suatu kejadian yang spesifik Ingat kata kuncinya ya yaitu reaksi jadi Gini setiap ada kejadian tertentu yang Cukup spesifik pola reaksi kita Cenderung bakal sama contohnya gimana Kalau misalnya gini kalau lo tiba-tiba Mendengar suara keras maka secara Otomatis lo akan merasakan emosi kaget Dong ditekan kalau lu diputusin pacar Maka secara otomatis ya cenderung kalian ngerasain emosi sedih gitu nah ini Sifatnya universal artinya semua orang Itu cenderung bakal bereaksi sama kalau Lagi dipicu sama suatu emosi Hai siapapun kalau misalnya lagi marah Itu cenderung suaranya bakal Nindy Kalau Kaget siapapun gitu deh matanya bakal Melotot mulutnya kebuka dan mungkin Bakal teriak juga, so emosi Ini adalah Yang tadi ya pola reaksi kita terhadap Suatu kejadian tertentu tapi perlu Diingat walaupun semua orang cenderung emosi dan reaksi yang cukup serupa Bukan berarti perilaku yang dilakuin Bakal sama juga kenapa karena emosi itu Juga dipengaruhi sama pengalaman latar Belakang dan juga budaya contohnya gini Orang timur dan barat sebenarnya berbeda Dalam pengekspresian emosinya contoh aja Dalam sebuah perayaan atau selebrasi Kemenangan nih kalau orang barat mereka Akan cenderung lebih individualis dalam Mengekspresikan emosinya mereka bakalan Seneng lebih bangga ditekan merasa emosi Bangga gitu sama pencapaian diri mereka Sendiri dan ini juga yang memang ditekenIn dalam kultur mereka kalau orang timur Orang ngasih ya gitu ya itu cenderung Lebih suka untuk jadi hambel Saya akan selebrasi kemenangan sebagai Selebrasi kelompok Jadi kalau seneng dan Juara dalam suatu lomba Mungkin orang Amerika tuh bakalan ngerasa bangga wah Saya keren nih ini karena kerja keras saya Dan sebagainya tapi bisa jadi reaksi Orang ngasih yaitu cenderung bakalan Yang sebaliknya ah kini mah bukan karena Kinerja gue ini karena kinerja tim Cenderung kayak gitu jadi kan beda kita Pengekspresian emosinya Meskipun mungkin Sama gitu ngerasain emosinya Tapi kalau Pengekspresian dalam hal perilaku dengan Sebagainya itu bisa jadi diperoleh sama Banyak hal meskipun memang cenderung UnUniversal.

Emosi itu ya Nah selain emosi Ada juga yang namanya mood dan perasaan Jadi ada tiga kalau kita ngomongin soal Emosi gitu kalau mau soal Feelings ada Emosi ada perasaan dan ada mode bedanya Gimana bedanya gini kalau emosi itu Adalah reaksi kita yang spontan terhadap Suatu rangsangan dari luar diri kita Yang mungkin cuman bertahan Sebentar Gitu misal kita keserempet sambil pas nyebrang kan Kaget gitu ya itu Biasanya kagetnya cuman sebentar berapa Detik gitu Habis itu Yaudah reaksinya Selesai Nah kalau emosi itu kita kasih Arti maka jadinya Adalah perasaan jadi Ketika kita ngerasain satu emosi terus Kita hubungin sama pengalaman kita Muncullah perasaan yang ngarahin kita Untuk melakukan sesuatu yang kita sadari mood itu campuran emosi dan perasaan yang Bisa bertahan lama gitu bisa jadi Berjam-jam atau berhari-hari dan Biasanya mutiny muncul bukan karena satu Kejadian spesifik kalau emosi mungkin Karena tadi ya misal mau ketabrak terus Kita Kaget gitu Tapi kalau mood itu Biasanya bukan karena suatu kejadian Bisa karena apa aja mulai dari cuaca Kurang istirahat hormon dan sebagainya Jadi emosi itu biasanya datang duluan Spesifik spontan gitu ya terus diikuti Sama perasaan yang ada hubungannya sama Interpretasi kita terhadap emosinya dan Yang ketiga adalah mode yang Campuran keduanya yang bertahan Hai dari penjelasan barusan kita udah Tahu nih bahwa Emosi adalah pola reaksi Spontan orang-orang tapi dari mana sih Asalnya kapan aja sih reaksi ini muncul Well jawabannya adalah emosi bisa muncul Setiap saat setiap ada stimulus apapun Atau rangsangan apapun dari luar emosi Itu bisa aja muncul kapanpun dan dari Rangsangan apapun mulai dari pas pagi Misal kita di chat sama gebetan gitu kan Terus kita ngerasa emosi bahagia seneng Gitu Habis itu mungkin pas berangkat Kekampus mungkin kita kena macet dan Santailah kita merasakan emosi marah Gitu kan dan juga emosi takut mungkin Karena takut terlambat dan pas malem Misal pas kita lagi nonton bioskop kita Bisa aja kan ngerasain emosi takut dan Kaget pas lagi nonton film horor jadi Emosi itu ada di setiap aspek dari Kehidupan kita Nah dari mana emosi ini Berasal well emosi itu berasal dari Reaksi-reaksi kimia yang ada diotak jadi Otak kita itu selalu berusaha untuk Nyari tahu stimulus Apa sih yang masuk Ke indera kita keindahan Hingga munculin kira-kira reaksi emosi Apa nih yang cocok buat stimulus ini Kemsan gini kalau kita diputusin ya otak Kita bakal bikin reaksi kimia tertentu Yang cenderung bakal bikin kita sedih Kalau kita lagi di gunung di hutan gelap Gitu ya otak kita bakal bikin reaksi Kimia tertentu yang bakal bikin kita Waspada dan mungkin merasakan emosi Takut nah pertanyaannya adalah kok kayak Gitu Ngapain sih emang apa gunanya emosi Dalam hidup kita pertama ini yang paling Jelas sih emosi itu sebenarnya ya Membantu kita untuk bisa Survive untuk Bisa bertahan hidup di dunia ini Maksudnya gimana Jadi gini emosi yang Kita rasain itu sebenarnya ngasih Kerupuk ngasih saran gitu kita itu harus Merespons keadaan ini dengan ngapain Gitu kalau di situasi hutan gelap Gitu Kan serem gitu maka otak kita akan Ngasih reaksi kimia yang bikin kita Takut dan waspada Kenapa kayak gitu ya Karena kalau gelap ya Bisa aja kan ada Harimau ada ular atau binatang berbahaya Lain yang bakal menyergap kita tiba-tiba Mbak Makanya otak nasi kita reaksi Hormon berupa emosi yang bikin kita Ngerasa takut kalau kita dijahatin orang Ditekan diejek sama orang secara Otomatis otak kita bakal ngasih reaksi Emosi marah atau kesal Kenapa kayak gitu Ya karena otak kita tuh ngasih clue Bahwa ini orang jahat nih ke kita dan Kita harus ngelawan kata otak kita gitu Jadi emosi itu sebenarnya ngebantu kita Untuk bisa Survive dan bertahan hidup Yang responsive ini bisa jadi udah Berlangsung ratusan bahkan ribuan tahun Sejak dulu makanya ada pola-pola Tertentu yang universal ya kalau gelap Takut kalau dijahatin marah kalau Misalnya ditinggalin sedih kayak gitu ya Yang kedua emosi itu bakal mempengaruhi Motivasi kita untuk melakukan atau tidak Melakukan sesuatu ketakutan akan membuat Kita lebih waspada dan hati-hati ketika Kita merasa marah-marah akan membuat Kita mengevaluasi hal yang kita dan Orang lain lakukan secara lebih kritis Ketika kita merasa bahagia merasakan Emosi bahagia ya ini akan membuat kita Jadi lebih kesedihan juga akan membuat kita Jadi lebih hati-hati dan lebih kritis Dalam berpikir setiap emosi akan punya Peran tertentu buat memotivasi kita Dalam perilaku kita sehari-hari dan Tentunya efeknya bisa jadi positif kalau Misalnya kita tahu penggunaan yang tepat Biasanya para seniman itu akan memakai Science tentang emosi Ini buat Menciptakan karya yang , Gimana sederhananya bisa kita lihat aja Misal Taylor Swift gitu dia tuh selalu Ngeluarin lagu bagus setelah putus sama Pasangannya entah disengaja atau ga Disengaja Ya tapi ini adalah contoh Ketika emosi yang dirasakan oleh Taylor Swift itu dia manfaatkan dengan sangat Baik buat memotivasi dia untuk berkarya Nah meskipun kayak gitu Ini juga bisa Jadi negatif terutama kalau misalnya Kita ngikutin emosi kita mentah-mentah Kalau lagi marah misalnya kita ya udah Langsung marahin orang lain kau lagi Seneng sama orang yang bukan pasangan Kita langsung selingkuh nah ini adalah Contoh perilaku terhadap emosi yang Kurang dewasa dalam penanganannya Akhirnya Emang kita harus sadar bahwa Emosi tuh bakalan memotivasi kita untuk Melakukan sesuatu tapi tentu emosi ini Enggak ngontrol apa yang bakal kita Lakuin, jadi kita harus tahu juga emosi Mana sih yang bakal memotivasi kita Ngelakuin sesuatu dan jangan ikuti Mentah-mentah emosi kita kalau kita Merasa nyaman sih marah belum tentu kita Harus malah sama orang itu kalau Karena Rasa sedih belum tentu kan kita harus Nangis depan umum gitu ya kayak Gitu-gitu aja gitu loh harus make sense Yang mana yang kira-kira pantes buat lo Lakuin saat itu yang bagus adalah ketika Kita bisa memanfaatkannya dengan baik Kayak Taylor Swift yang tadi gitu ya Yang ketiga emosi juga bisa berperan Dalam hubungan kita dengan orang lain Emosi membuat kita bisa mengerti orang Lain dan sebaliknya orang lain juga bisa Ngerti kita gimana caranya bisa jadi Lewat ekspresi verbal lewat kata-kata Atau nonverbal Oke misalnya ekspresi muka body language dan lain sebagainya Pemahaman kalian yang mendalam tentang emosi Bakal bisa bikin kalian bertindak dengan oke Di dalam berbagai situasi sosial misal Kalian ngerasa nih bahwa candaan udah Menyinggung orang lain dan bikin orang Sedih karena longleat ekspresi muka dan Kata-katanya udah beda kita Nah kalau Udah kayak gitu Udah bisa ngerti emosi Orang lain kan lo bisa berhenti bercandaIn dia atau mungkin kalian bisa minta maaf Gitu Begitupun sebaliknya kalau lihat Gebetanmu Happy deket sama lo berarti Mungkin ini tanda yang positif Ya udah Kalau gitu ajak jalan aja ajak bercanda Lagi aja gitu kayak gitu jadi emosi juga Bisa ngebantu kita dalam menganalisis Apa nih yang kira-kira harus kita lakuin Saat kita ada dalam situasi sosial Dengan kita melihat dengan kita Mengetahui dan kita mengerti emosi Apa Yang ditunjukkan oleh orang lain gitu ya.

Emosi itu sebenarnya adalah reaksi kita Yang otomatis terhadap berbagai sesuatu Yang terjadi emosi tentu punya peran Besar di hidup kita karena dia jelas Emosi mempengaruhi pikiran perasaan dan Reaksi kita perilaku kita gitu makanya Penting buat kita untuk tahu science Tentang emosi Ini Biar apa Biar kita Bisa memanfaatkan emosi ini sesuai Dengan kepentingan yang kita mau dan Kita harus hati-hati juga dengan Menggunakan emosi ketika kita mau Ngambil keputusan karena pada akhirnya Emosi itu hanyalah reaksi kimia yang Terjadi dalam otak yang menentukan Perilaku kita selanjutnya pada akhirnya Adalah diri kita sendiri bukan emosi Kita juga harus tetap hati-hati aja ketika bermain Dengan emosi kita sendiri kalian pelajari Science nya dan coba kalian atasi emosi kalian Sesuai dengan yang Kalian mau Biar apa? Biar kalian ga nyesel ketika kalian menentukan Keputusannya nanti gitu ya.

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan