Mohon tunggu...
Mlandingan Wetan
Mlandingan Wetan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Kami ingin memajukan desa yang baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok 405 KKN UMD UNEJ Sukses dalam Melaksanakan Program Pengembangan Branding dan Logo Produk UMKM

19 Agustus 2022   21:46 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:51 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kamis (18/08) kelompok kerja mahasiswa KKN Universitas Negeri Jember (UNEJ) khususnya kelompok 405 sukses dalam program yang dijalankan berupa kegiatan SEBEL “Sosialisasi Pengembangan Branding dan Logo Produk UMKM” Desa Mlandingan Wetan. Kegiatan tersebut berfokus pada pengembangan kewirausahaan yaitu berupa produk-produk khas UMKM (red: Usaha Menengah Kecil Merakyat) Desa Mlandingan Wetan, Bungatan Situbondo. Kegiatan tersebut dikemas dengan bentuk sosialisasi dengan menghadirkan pemateri berpengalaman dalam bidang kewirausahaan. 

Pemateri pertama Bapak Juhari yang merupakan enterpreneur atau pelaku UMKM sukses dari Situbondo memberikan materi motivasi untuk berwirausaha, selanjutnya ibu Yusamma yang merupakan istri bapak Juhari juga memberikan materi tentang perhitungan HPP, dan terakhir Riyan Faradika dari Dinas Kesehatan Kab. Situbondo memberikan materi tentang pedoman pemberian SP-IRT, kegiatan tersebut berlangsung sangat aktif antara pemateri dengan peserta karena setiap materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan permasalah para UMKM.

Kelompok KKN (red: Kuliah Kerja Nyata) ini memberikan kontribusi nyata berupa pembuatan identitas branding untuk UMKM di Desa Mlandingan Wetan. 

Pembuatan identitas tersebut dikarenakan sebelumnya UMKM yang ada belum memiliki identitas atau branding yang jelas. Sehingga dibuatkanlah satu logo identitas yang menandakan bahwa produk tersebut merupakan hasil UMKM dari desa Mlandingan Wetan. 

Naja Sofya Damayanti selaku perwakilan dari kelompok KKN 405 UMD UNEJ menjelaskan bahwa “Harapan kami adalah dengan adanya potensi UMKM salah satunya kue macu yang produknya sudah terjual luas ke berbagai kota, maka dengan adanya logo identitas bahwa produk ini merupakan hasil UMKM desa Mlandingan Wetan sehingga nantinya dapat mengangkat nama Desa Mlandingan Wetan yang tertera pada logo tersebut.”

Dok pribadi
Dok pribadi

Selain itu ada pula pembaharuan atau pergantian branding lama ke baru untuk salah satu UMKM Kue Macu.

Dok pribadi
Dok pribadi

Pembaharuan Branding Produk Baru/Dok pribadi
Pembaharuan Branding Produk Baru/Dok pribadi

Dalam melaksanakan program yang dijalankan ini, kelompok KKN 405 secara langsung terjun ke masyarakat untuk mengamati berbagai hal seperti potensial, problematika, sumber daya manusia sebelum merencanakan program kerja, sehingga setelah melakukan pengamatan dan survey langsung ke lokasi secara menyeluruh ke setiap para pelaku UMKM, akhirnya mampu untuk memberikan kontribusi yang nyata dan tepat pada sasaran utama KKN. Harapan besarnya nantinya UMKM di desa Mlandingan Wetan dapat terus berkembang dan maju, membantu meningkatkan perekonomian dan mengharumkan nama desa Mlandingan Wetan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan