Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Apa yang Terabaikan Setiap Gempa Terjadi?

16 Januari 2021   17:09 Diperbarui: 17 Januari 2021   11:54 1564 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Terabaikan Setiap Gempa Terjadi?
Gambar:Pusat Studi Gempa Nasional

Beberapa hari terakhir ini, media cetak, elektronik, online, dan media sosial ramai mengulas apa yang terjadi di kabupaten Majene, Sulawesi Barat, yaitu bencana gempa bumi. Majene dan sekitarnya diguncang gempa 5,9SR pada hari kamis 14 Januari 2021, lalu esoknya  pukul 1330 dini hari gempa kembali mengguncang dengan kekuatan 6,2SR. 

Sumber gempa pada 14 dan 15 Januari tidak berjauhan, menurut para ahli geologi, gempa ini disebabkan Mamuju-Majene Thrust (istilah geologi untuk membedakan satu sesar dengan sesar lainnya).  Sesar jenis ini disebut sebagai sesar yang sering menghasilkan kerusakan parah.

Sumber gempa yaitu sesar Mamuju-Mejene menjadi salah satu topik utama yang dibahas di berbagai media, selain potensi tsunami dan potensi gempa susulan. Apakah akan ada gempa yang lebih besar, atau lebih kecil? Apakah gempa berikutnya akan terjadi di laut di laut sebagaimana yang pernah terjadi puluhan tahun lalu di sekitar Majene?

Sulawesi memang pernah disebut oleh beberapa ahli geologi memiliki frekwensi gempa yang lebih tinggi dan memiliki potensi gempa besar yang lebih besar daripada pulau Sumatra misalnya. Namun Sumatra karena lebih padat penduduk, maka gempa Sumatra lebih menonjol di berbagai media.

Indonesia memang wilayah rawan gempa. Pusat Studi Gempa Nasional telah menerbitkan "Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia 2017". Peta ini seharusnya menjadi pegangan atau orientasi pembangunan bagi pemerintah daerah yang wilayahnya memiliki potensi gempa.

Terlihat di gambar 1 wilayah yang memiliki potensi gempa raksasa karena adanya megathrust seperti di Aceh pada 2004. Wilayah Jawa Barat, atau Jakarta adalah salah satu yang terancam oleh megathrust. Apakah wilayah yang terancam megathrust ini sudah melakukan persiapan atau mitigasi bencana?

Sedangkan gambar 2 menunjukkan 295 sesar aktif di Indonesia, artinya ada 295 titik yang bisa menggetarkan bumi di sekitarnya dengan gempa besar atau gempa kecil. Apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat dan daerah seputar potensi bencana gempa ini?

Gambar: Pusat Studi Gempa Nasional
Gambar: Pusat Studi Gempa Nasional

Sebenarnya para ahli geologi dan para aktivis kebencanaan cukup sering memberi peringatan soal ancaman gempa dan tsunami. Akhir September tahun 2020 lalu media diramaikan oleh apa yang disampaikan dari riset ITB tentang potensi tsunami yang akan menghantam wilayah selatan Pulau Jawa. 

Nampaknya dari berita yang beredar, Riset ITB ini lebih menonjolkan potensi tsunami besar (hingga 20 meter), padahal ada potensi gempa besar juga untuk seluruh wilayah Jawa dari sumber gempa dan tsunami yang sama di selatan pulau Jawa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x