Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Bagaimana Olahraga Mengubah Hidup Anda Menjadi Lebih Baik?

15 September 2020   11:57 Diperbarui: 16 September 2020   15:12 254 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Olahraga Mengubah Hidup Anda Menjadi Lebih Baik?
Gambar: Dokumentasi Pribadi Komunitas Membangun Positivity

Tulisan ini tentu bukan tentang demam bersepeda yang marak karena pandemi COVID-19. Juga bukan tentang ulah ugal-ugalan pesepeda yang bersepeda di Tol atau di tengah jalan raya. Tulisan ini tentang pentingnya olahraga di masa pandemi COVID-19 atau di masa normal nanti.

Penelitian sepanjang 70 tahun, The Harvard Study of Adult Development menyimpulkan: Relationships adalah faktor yang paling menentukan untuk mendapatkan umur panjang.

Itu artinya: untuk memiliki tubuh yang lebih sehat harus memiliki relationships yang baik dengan pasangan, keluarga, saudara, teman, tetangga, atau masyarakat.

Sejalan dengan penelitian di atas, World Happiness Report yang diterbitkan oleh PBB tiap tahun mengukur 6 aspek dari warga tiap negeri. Social Support adalah satu yang diukur untuk menentukan ranking sebuah negeri. Social Support bisa terbangun salah satunya karena adanya relationships yang baik di antara warga sebuah negeri.

Olahraga tidak disebut oleh penelitian Harvard di atas sebagai penentu utama untuk membangun tubuh yang sehat dan umur panjang. Namun olahraga bisa bermanfaat untuk yang berikut:

1. Membantu kita membangun relationships yang baik dengan pasangan, keluarga, saudara, teman, tetangga, atau masyarakat. Itu karena olahraga kerap disertai dengan interaksi dengan orang lain.

2. Olahraga juga bisa kita gunakan untuk melatih disiplin, seperti bangun tiap pagi pada jam yang ditentukan. Membangun disiplin juga baik untuk mendapatkan positivity di otak.

3. Olahraga juga bisa kita gunakan untuk mengejar target yang sudah kita tetapkan. Martin Seligman seorang pionir neuroscience menyebut kita membutuhkan Achievement sekecil apa pun itu untuk mendapatkan positivity di otak. Menentukan target dalam olahraga bisa membantu kita untuk memperoleh Achievement kecil namun sering.

4. Olahraga memboost keluarnya endorphins dan dopamine (positive brain hormones) di otak yang kita perlukan agar otak mendapatkan positivity.

5. Olahraga juga bisa membantu kita fokus pada satu hal saja, misalnya fokus pada kayuhan pedal sepeda, atau fokus pada tarikan dan hembusan nafas saat bersepeda. Aktivitas ini dalam neuroscience bisa disebut mendekati aktivitas meditasi. Sebagaimana kita tahu, meditasi adalah aktivitas terbaik untuk menghasilkan positivity di otak.

AZRUL ANANDA TENTANG MEDITASI DALAM BERSEPEDA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x