Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis ratusan artikel dan video seputar perkembangan neuroscience dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan.

Sejak 2015 menulis ratusan artikel dan video seputar perkembangan neuroscience dan kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan. M. Jojo Rahardjo dan berbagai konten yang dibuatnya bisa ditemui di beberapa akun medsos lain.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Meditasi Itu Mudah dan Amat Berguna

9 Agustus 2019   21:04 Diperbarui: 21 September 2019   21:02 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: www.inverse.com

Beberapa orang bertanya pada saya: Anda ahli meditasi? Apakah tingkat meditasi anda sudah tinggi?

Apa jawab saya? Saya mulai melakukan mindfulness meditation sejak tahun 2015. Apakah tingkat meditasi saya sudah tinggi? Yang saya tahu, saya "kecanduan" meditasi. 

Meditasi membuat saya merasa nyaman, Jadi setiap saya punya kesempatan melakukan meditasi, pasti saya lakukan. Itu jawaban saya.

Saya melakukan mindfulness meditation sejak saya mulai menggali berbagai buku dan tulisan mengenai neuroscience. Tidak hanya menggali tetapi saya tulis kembali dan membagikannya pada orang lain.

Bahkan saya mempromosikan neuroscience di berbagai media. Saya punya fanpage di Facebook sejak tahun 2015, saya berinama "Membangun Positivity". Silahkan dicari dan dikunjungi.

Apakah sebelumnya saya tidak pernah melakukan meditasi?

Ternyata saya bukan pemula dalam meditasi. Sekitar tengah tahun 90an saya sudah mulai melakukan meditasi. Meski tak terlalu sering, tapi saya tahu meditasi ini membuat saya merasakan sebuah sensasi nyaman.

Dalam meditasi ini saya memperhatikan pikiran saya sendiri. Apa yang saya sedang pikirkan? Ternyata itu menghasilkan sensasi nyaman yang membuat saya ingin melakukannya lagi dan lagi.

Sayangnya, dulu saya tak tahu bahwa kegiatan itu termasuk kegiatan meditasi dan menghasilkan pengaruh yang baik bagi otak. Jadi dulu saya tak melakukannya terlalu sering.

Kemudian di tahun 2015 saya membaca beberapa artikel tentang penelitian neuroscience pada meditasi. Para ahli menyarankan mindfulness meditation yang ternyata relatif sederhana dan sangat berguna untuk menjalani kehidupan sehari-hari, bahkan juga untuk mencapai sesuatu yang serius atau tinggi.

Bagaimana cara melakukan mindfulness meditation?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun