Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di Facebook Fan Page "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Meditasi untuk Mereka yang Terkena Kanker

29 Mei 2019   23:06 Diperbarui: 2 Juni 2019   11:25 0 7 1 Mohon Tunggu...
Meditasi untuk Mereka yang Terkena Kanker
Ilustrasi meditasi (DragonImages)

Mengapa orang melakukan meditasi?  

Mereka yang melakukan meditasi lebih banyak karena alasan untuk membuat jiwa lebih tenang, kalem atau rilek, juga untuk menjaga kesehatan. Ada juga yang menginginkan lebih memiliki kedamaian bersama orang lain.

Praktek meditasi sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu di berbagai tempat dan berbagai kebudayaan di seluruh dunia. Masih misteri siapa yang pertama kali mengajarkan meditasi di permukaan bumi ini.

Berbagai riset neuroscience sepanjang 2 dekade terakhir menunjukkan meditasi juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam, kemampuan menyimpan dan mengambil memori menjadi lebih baik. Tak ketinggalan mereka yang melakukan meditasi lebih cenderung pada perdamaian.

Meditasi memang dipraktekkan oleh beberapa agama, namun meditasi yang didefinisikan oleh neuroscience bukan praktek keagamaan. 

Neuroscience bahkan bisa menjelaskan apa yang terjadi di otak saat orang melakukan meditasi. Berkat berbagai penelitian neuroscience semua orang bisa melakukan meditasi kapan saja dan di mana saja.

Beberapa Macam Meditasi

Ada banyak macam meditasi. Kebanyakan adalah melakukan diam tak bergerak dan tak bersuara. Tapi ada juga yang dilakukan dengan gerakan, seperti Tai Chi, Chi Gong dan lain-lain.

Meditasi kadang disebut mengosongkan atau menghentikan pikiran. Namun neuroscience mendefinisikan meditasi adalah kegiatan untuk menyadari apa yang sedang dikerjakan oleh pikiran kita atau mengamati pikiran kita sedang sibuk dengan apa (memikirkan apa). 

Neuroscience telah menganjurkan cara meditasi yang paling efektif, yaitu hanya dengan memperhatikan tarikan nafas masuk dan keluar. Kegiatan itu membuat pikiran menjadi lebih tenang (tidak sibuk dengan hal-hal lain yang beraneka).

Gambar: psychologytoday.com
Gambar: psychologytoday.com
Mengapa pasien kanker perlu melakukan meditasi?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x