Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di Facebook Fan Page "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

10 Positive Emotions yang Patut Dikenali

27 November 2015   23:56 Diperbarui: 28 November 2015   00:26 0 5 3 Mohon Tunggu...

[caption caption="Photo: Huffington Post"][/caption] 

Penelitian menunjukkan salah satu cara untuk bisa menguasai perasaaan atau mengontrol emotions adalah dengan memberi label yang tepat pada emotions yang sedang anda rasakan. Terdengar aneh memang, namun sebenarnya tidak, karena label yang anda berikan sebenarnya sudah anda kenal selama ini. Meski demikian memberi label ini menjadi sulit jika anda tidak bisa membedakan emotions yang satu dengan lainnya saat satu emotions tertentu sedang menguasai anda.

Barbara Fredrickson dalam bukunya "Positivity" menjelaskan 10 bentuk positive emotions. Sepuluh bentuk emotions ini sejak lama menjadi obyek penelitian para ahli, karena mempengaruhi kualitas kehidupan anda sehari~hari. Anda akan lebih mudah mengenali setiap bentuk emotions itu saat datang mempengaruhi kehidupan sehari~hari anda dan anda tahu bagaimana harus bersikap. Silahkan simak penjelasan Fredrickson di situsnya: http://positivityratio.com.

Joy.

Joy adalah perasaan yang muncul saat anda melakukan aktivitas tertentu dan anda kaitkan dengan kenangan positif dan paling sering terkenang~kenang. Joy muncul saat anda merasa nyaman, senang, aman, damai, menggairahkan, dan ceria. Juga sebuah pengalaman yang membuat anda merasa ringan.

Gratitude.

Perasaan ini muncul saat anda mengapresiasi apa yang anda peroleh atau miliki. Perasaan ini bisa juga disampaikan kepada orang atau suatu yang lain, misalnya Tuhan, yang menurut anda telah memberikan sesuatu yang membuat anda mengapresiasinya.

Serenity.

Perasaan ini datang saat anda melihat semua berjalan dengan mulus. Ada perasaan damai atau tenang. Tidak ada perasaan kuatir atau gelisah. Anda bisa duduk nyaman dan santai. Perasaan ini datang saat anda mampu merasakan moment sekarang, tanpa diganggu dengan kenangan masa lalu yang buruk atau masa depan yang diperkirakan buruk.

Interest.

Perasaan penasaran untuk mengetahui atau mempelajari sesuatu yang baru dan menarik. Perasaan ini bisa membuat anda terhanyut pada sebuah aktivitas mempelajari sesuatu yang baru. Juga sebuah perasaan keheranan dan kagum di mana anda ingin tahu lebih dalam dan merasa tersedot ke dalam sebuah keanehan. Saat seperti ini, maka pikiran anda akan lebih terbuka pada ide baru, pengalaman baru dan semangat untuk mengeksplor lebih jauh lagi dunia di sekitar anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x