Mohon tunggu...
Mita Yuliyanti Surahman
Mita Yuliyanti Surahman Mohon Tunggu... Insinyur - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

DPL : Dinie Anggraeni Dewie , M.Pd

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meskipun dalam Masa Pandemi, Semangat Belajara Harus Tetap Dijalani

16 Juli 2021   18:40 Diperbarui: 16 Juli 2021   18:42 108 0 0 Mohon Tunggu...

PandemiCovid-19 bisa kita sebut salah satu bencana untuk negeri kita Indonesia.Mengapa begitu? Karena, pandemi Covid-19 membuat semuanya menjadi terhambat,hampir semua orang nerasa dirugikan dengan adanya pandemi Covid-19 ini.Perekonomian menjadi menurun, Sosialisasi antar manusia dibatasi, bahkan prosesberlangsungnya pendidikanpun hampir terhenti karena pandemi Covid-19 ini.

Bicara soalpendidikan dimasa pandemi ini, banyak yang merasa kesulitan bahkan kehilanganmomen proses belajar mengajar yamg sesungguhnya yang sekarang diharuskan untukonline melalui virtual. Sedangkan tidak semua anak dan orangtua mempunyai danmampu untuk melakukan hal tersebut. Orangtua dan anak yang merasa kurang dalamhal teknologi dan jarang menjadi malas dan tidak ingin belajar lagi denganalasan sulit.

Dengan adanyaalasan-alasan seperti itu, saya yang sedang melakukan kegiatan Kuliah KerjaNyata memberikan salah satu solusi untuk orangtua dan anak yang tidak mempunyaiHandPhone atau kurang dalam hal teknologinya untuk belajar secara tatap mukanamun dengan menggunakan protokol kesehatan dan waktu belajar yang dikurangi,sedangkan orangtua dan anak yang mempunya HandPhone dan mampu melakukanpembelajaran daring boleh melakukan proses belajarnya dirumah secara onlinevirtual. Meskipun secara online, saya berusaha memberikan pembelajaran yang menarikminat anak agar tetap semangat belajar meskipun dirumah saja.

Dengan mengadakan program-program yang seperti anaksholeh rajin mengaji, menghafal kosa kata bahasa arab, surat pendek, doa-doaharian dan lain-lain, memberikan tugas melalui vidio agar anak-anak senantiasatetap mendegar dan melihat gurunya berbicara meskipun hanya melalui vidio.

Meskipun pandemi Covid-19 ini sudah meraja lela di negeri kita, kita sebagai calonpendidik jangan pernah berhenti menyerah membantu pendidikan di negeri kita. Biarbagaimanapun caranya agar semangat anak dalam belajar tetap membara meskipundengan segala keterbatasan yang ada. Ayo bantuk pendidikan di negeri kita agartercapai cita-cita bangsa yang mulia.

MitaYuliyanti Surahman

DPL: Dinie Anggraeni Dewi, M.Pd

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN