Mohon tunggu...
Mita KumalaSari
Mita KumalaSari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Melakukan Edukasi tentang Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Melalui Gerakan Literasi

27 November 2021   06:33 Diperbarui: 27 November 2021   06:56 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PATI - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tidak kunjung usai. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan penyebaran Covid-19  salah satunya yaitu melalui program vaksinasi. Program ini sudah dimulai sejak Januari 2021. Vaksinasi Covid-19 harus berhasil, agar semua orang bebas dari covid-19 dan bisa beraktivitas seperti biasanya tanpa takut terkena virus. Dan juga program vaksinasi memiliki dampak besar dalam membentuk herd imunity atau dikenal dengan kekebalan kelompok. Namun ditengah-tengah situasi saat ini banyak berita hoaks mengenai vaksinasi Covid-19. Karena berita hoaks tersebut membuat masyarakat menjadi takut untuk di vaksin. Untuk mensukseskan vaksinasi maka hoaks harus diberantas.

Oleh karena itu mahasiswa KKN Tematik Undip X Unicef mengadakan edukasi tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 kepada warga melalui gerakan literasi. Tujuan edukasi tersebut yaitu agar warga paham mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 dan tidak tejerumus berita hoaks mengenai vaksinasi Covid-19. Edukasi tersebut dilakukan di Desa Tondokerto, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati pada tanggal 18-20 November 2021.  Dan dilakukan secaraa door to door kepada warga yang belum vaksinasi Covid-19. Media yang digunakan dalam edukasi yaitu pamflet dan bookle.

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Dalam kegiatan edukasi yang dilakukan door to door ini warga merasa antusias."Dengan adanya edukasi kita bisa tau mana berita hoaks tentang vaksin dan menjadi tidak takut di vaksin"ujar salah satu warga Desa Tondokerto. Dengan adanya edukasi tersebut harapannya masyarakat akan menjadi lebih selektif dalam mendapatkan infomasi mengenai vaksinasi Covid-19 dan menjadi tau akan pentingnya vaksinasi Covid-19 sehingga tidak takut dengan di vaksin.

Penulis: Mita Kumala Sari (Ilmu Perpustakaan 2019)

Dosen Pembimbing 1: dr. Sri Winarni., M.Kes

Dosen Pembimbing 2: Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan