Mohon tunggu...
Ni Wayan Mita Kinarsih
Ni Wayan Mita Kinarsih Mohon Tunggu... Universitas Mahasaraswati Denpasar

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan Blowing Glass di Masa Pandemi

13 Mei 2021   14:53 Diperbarui: 22 Mei 2021   19:20 97 3 1 Mohon Tunggu...

Oleh : Ni Wayan Mita Kinarsih dan Gde Bagus Brahma Putra

Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar

Teknologi di era globalisasi  saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Perkembangan teknologi di era globalisasi terutama adanya  internet telah membawa perubahan yang besar dalam kehidupan manusia seperti di bidang ekonomi contohnya banyak pelaku bisnis atau pengusaha UMKM yang memanfaatkan internet sebagai media memperluas pemasaran produk yang diproduksi oleh pelaku bisnis atau perusahaan sehingga produk mereka dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat yang berada diberbagai lapisan daerah.

Blowing Glass merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan kaca dan beralaskan  akar kayu yang sudah tua atau lapuk, saat ini UMKM usaha kerajinan tangan  Blowing Glass mengalami beberapa pemasalahan diantaranya sulit memasarkan produk karena saat ini seperti yang kita ketahui virus corona (covid-19) sedang melanda negara indonesia dan memberikan dampak yang sangat buruk bukan hanya bagi kesehatan saja tetapi memberikan dampak terhadap sektor usaha  dan perekonomian.

Pandemi covid-19 merubah segala aspek kegiatan yang ada di negara indonesia terutama di bidang perekonomian atau para pelaku usaha UMKM. Para pelaku usaha UMKM dituntut harus lebih kreatif dalam menjalankan usaha di masa pandemi covid-19 dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini dan harus mampu bertahan menjalankan usaha di masa  pandemi covid-19.

Dalam strategi pemasaran kerajinan tangan Blowing Glass memanfaatkan adanya perkembangan teknologi yang semakain maju, salah satu strategi  pemasaran kerajinan tangan Blowing Glass yang dapat dilakukan  melalui pemanfaatan perkembangan teknologi adalah menggunakan internet sebagai strategi yang paling bagus dan efisien, contoh strategi pemasaran kerajinan tangan Blowing Glass dengan menggunakan internet yaitu melalui media sosial (Instagram, website, dan facebook) dan media cetak seperti brosur atau katalog.

Pemasaran melalui media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kerajinan tangan Blowing Glass yang pertama produk kita dikenal oleh semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia maupun di luar negeri, yang kedua  Pemasaran melalui media sosial memiliki pengaruh terhadap peningkatan pendapatan karena banyak produk kita tidak hanya laku di kawasan masyarakat lokal saja namun produk kita bisa dinikmati oleh lapisan masyarakat yang lebih luas sehingga pendapatan akan menjadi lebih meningkat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x