Mohon tunggu...
Mita Rahayu
Mita Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswi

Insyaallah bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apa Itu ATLM?

29 November 2020   11:11 Diperbarui: 29 November 2020   11:24 49 3 0 Mohon Tunggu...

Sebagian orang mungkin akan merasa asing ketika mendengar kata ATLM. Banyak orang belum tahu apa yang dimaksud dengan ATLM. Orang-orang hanya tahu bahwa bagian kesehatan tak lebih dari Dokter, Perawat, Bidan, dan petugas Farmasi. Padahal bagian kesehatan terdapat beberapa bagian pengelompokan dan salah satunya yaitu tenaga ATLM. Tenaga ATLM merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki peran tak kalah penting dengan tenaga kesehatan lainnya. ATLM di dalam bidang kesehatan sangatlah dibutuhkan, bahkan di rumah sakit besar ATLM diharuskan ada agar segalanya berjalan dengan lancar.

Berbica tentang ATLM, sebenarnya aasih ATLM itu? ATLM atau yang lebih di kenal dengan Analis Kesehatan adalah suatu tenaga medis yang bekerja di Laboratorium Kesehatan. Seorang analis akan bekerja di Laboratorium Kesehatan guna memesiksa sampel dari pasien dan sebagai penegak diagnosa dari Dokter terhadap Pasien. Seorang analis akan bekerja di belakang layar. 

Maksud dari dibelakang layar yaitu seorang analis akan bekerja untuk memeriksa sampel yang digunakan sebagai penegak dari diagnosa Dokter yang kemudian hasil akan di sampaikan oleh Analis ke Dokter yang bersangkutan untuk di teruskan ke pada pasien. Seorang analis tidak lah di bolehkan atau memiliki wewenang dalam menyampaikan hasil kepada pasien tanpa persetujuan Dokter yang bersangkutan. Maka dari itu seorang analis akan selalu bekerja di belakang layar dan tidak di kethui oleh masyarakat. 

Yang masyarakat tahu adalah seorang tenaga medis sama saja dengan Perawat. Padahal kenyataanya seorang analis sangatlah berbeda jauh dengan sorang perawat. 

Jika seorang perawat adalah yang membantu dalam merawat pasien yang melakukan pemeriksaan di RS, maka seorang analis adalah seseorang yang akan membantu pasien dalam mengetahui jenis penyakit yang di deritanya dan kemudian akan di tangani Dokter serta perawat untuk selanjutnya. Seorang analis bukanlah yang merawat pasien tapi seorang analis adalah mereka yang menegakan diagnosis suatu penyakit.

Kerja seorang analis adalah di laboraturium kesehatann bukan di ruang rawat inap. Seorang analis akan berada di ruang rawat inap saat mereka di haruskan mengambil sampel saja. 

Jika tidak ada pengambilan sampel di ruangan maka pasien sendiri yang di haruskan pergi ke laboratorium kesehatan. Seperti saat pandemi ini seorang ATLM akan berada di garda terdepan dalam memeriksa sampel pasien yang positif ataupun negatif covid-19. Maka dari itu seorang analis saat ini beresiko tinggi dalam terpapar Covid-19 jika tidak menggunakan APD secara lengkap.

Nama : Mita Rahayu

NIM : 2240020076

Kelas : B

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x