Mita
Mita wiraswasta

Minat yang terlalu sering berubah-ubah

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Darwin: Keindahan Alam Bukan Diciptakan untuk Manusia

13 Februari 2018   13:39 Diperbarui: 13 Februari 2018   13:42 520 2 1
Darwin: Keindahan Alam Bukan Diciptakan untuk Manusia
Ilustrasi dari freeimagewallpapers.com

Kemarin adalah hari ulang tahun Charles Darwin.  Dia lahir tanggal 12 Februari 1809 dan sangat terkenal dengan sumbangsihnya dalam ilmu evolusi.

Bukunya 'Tentang Asal usul Spesies' (On the Origin of Species) yang diterbitkan tahun 1859 merupakan karya yang sangat penting sehingga Darwin dianggap sebagai tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah manusia.  Dia mendapat kehormatan untuk dimakamkan di Westminster Abbey, gereja dan pemakaman bagi keluarga kerajaan Inggris.

Lahir dari keluarga terpelajar, sedari kecil Darwin sudah tertarik dan memperhatikan binatang dan tumbuh tumbuhan.  Pada tahun 1831 Darwin mengikuti ekspedisi di kapal HMS Beagle selama lima tahun.  Dalam perjalanan ini Darwin melakukan pengamatan dan mencatat dengan teliti hal hal yang menarik minatnya.

Sedikit Isi dari 'On the Origin of Species'

Pengamatan yang dilakukannya terhadap binatang ternak dan tumbuhan pertanian, memperlihatkan kekuatan manusia dalam menyeleksi variasi yang diinginkan mereka. Tanaman tertua yang didomestikasi manusia misalnya gandum, terus menerus mempunyai variasi baru, perubahan variasi tidak pernah berhenti. Tidak pernah sebuah organisme berhenti berubah ketika ditanam untuk pertanian.

Sedangkan dalam kondisi alami semua mahluk hidup secara terus menerus harus bertahan untuk tetap hidup dibawah kondisi yang kompleks dan beragam, dan karenanya terseleksi secara alamiah. Seleksi alamiah ini berperan terhadap kepunahan banyak bentuk kehidupan yang kurang bisa berubah.  Seleksi alam ini juga yang membentuk keberagaman karakter mahluk hidup.

Darwin menegaskan bahwa pendapat yang dikemukakan kebanyakan naturalis bahwa setiap spesies diciptakan satu persatu secara independen adalah salah. Dia berpendapat bahwa kelompok dalam satu genera merupakan turunan dari yang lainnya dan dari spesies yang sudah punah.  Sama halnya varian dari satu spesies berasal dari turunan spesies tersebut.

Varian baru yang lebih baik akan berkembang dan menghilangkan varian lama, yang kurang berubah, varian pertengahan. Varian baru ini lama kelamaan akan menjadi makin berbeda dan beubah.  Spesies dominan akan menjadi kelompok besar yang didalamnya akan melahirkan bentuk bentuk baru yang nantinya jadi dominan.  Itulah sebabnya kelompok yang besar akan tetap besar, dan semakin berbeda beda karakternya.

Seleksi alam akan mengumpulkan semua variasi kecil pemenang dan yang lebih disukai, dalam proses waktu yang sangat lambat.

Keindahan alam yang memukau manusia: warna warna yang cemerlang, corak corak yang menarik, bulu berwarna warni pada burung jantan, warna warni kupu kupu, kicauan merdu burung, buah buahan dan bunga bungaan berwarna warni, sayang sekali bukan diciptakan untuk manusia.  Mereka hasil dari seleksi seksual.  Ketika bunga bunga harus menarik minat serangga, hewan jantan harus memikat betina dengan bulu yang indah atau kicauan merdu mereka.  Buah-buahan dan bebungaan dengan warna kontras cerahlah yang akan dilihat sehingga dikunjungi dan dibantu pembuahannya oleh serangga.

Pulau pulau kecil di lautan biasanya hanya dihuni oleh sedikit spesies.  Binatang yang tidak bisa menyeberangi lautan seperti katak atau mamalia tidak ditemukan hidup di kepulauan terpencil.  Sedangkan binatang yang bisa menyeberangi lautan seperti kelelawar dapat ditemukan di kepulauan yang jauh dari benua. Hal tersebut merupaka fakta yang sukar dibantah oleh penganut teori penciptaan.

Semua organisme berasal dari sumber yang sama, bahkan antara tumbuhan dan hewan. Beberapa bentuk organisme sederhana karakternya sangat berada ditengah tengah sehingga naturalis sukar menggolongkannya.  Beberapa spora alga karakteristiknya pertama tama seperti binatang lalu menjadi tumbuhan.  Dari titik pandang prinsip seleksi alam, sangat mungkin dari bentuk rendah seperti ini perkembangan berbeda menjadi hewan dan tumbuhan terjadi.  Bahkan mungkin semua bentuk kehidupan organik di bumi berasal dari satu bentuk primordial.

Penerapan Teori Evolusi di Masa Kini

Di masa kini, ide Darwin ini sangat berhubungan dengan bidang baru dalam ilmu genetika, lalu dengan cepat diikuti oleh ilmu biologi molekular, ekologi dan embriologi. Hasil karyanya sendiri menjadi cabang ilmu baru yaitu biologi evolusioner. Kekuatan penjelasan dari konsepnya tak terbantahkan. Kini 159 tahun sesudah Origin of Spesies, warisan Darwin ini bahkan menjadi lebih besar, kaya, lebih beragam dari yang bisa dibayangkan.

Ketika saya menyadari bahwa semua mahluk bukan diciptakan khusus, tetapi dari garis keturunan mahluk yang hidup di masa lalu, semua mahluk menjadi memesona.

(Charles Darwin)