Setiap organisasi selalu membutuhkan karyawan untuk mengelola semua aktifitas yang ada di organisasi tersebut. Karyawan yang dibutuhkan setiap organisasi adalah orang yang siap sedia untuk mengerjakan dan menyelesaikan setiap tugas yang ditugaskan kepadanya. Sehingga proses rekrutmen karyawan sangat memegang peranan yang sangat penting untuk mendapatkan karyawan yang sesuai.
Tujuan rekrutmen antara lain :
1. Mencari sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat diandalkan.
2. Mencari sumber daya manusia yang mampu untuk bekerja dalam suatu perusahaan.
3. Mencari sumber daya manusia yang paling tepat dan yang memenuhi syarat untuk mengisi lowongan kerja yang ada.
Dalam melakukan rekrutmen karyawan, ada beberapa metode dan cara yang bisa dilakukan antara lain :
1. Mencari dari dalam organisasi, cara yang dapat dilakukan melalui :
  a. Meminta bantuan karyawan lama untuk menginformasikan lowongan kerja kepada orang terdekatnya dan mencarikan orang untuk mengajukanÂ
     lamaran kerja.
  b.  Mencari dari arsip pelamar yang masuk ke perusahaan dengan melihat data-data lamaran yang masuk.
  c.  Mengumumkan lowongan secara terbuka di papan pengumuman perusahaan.