Mohon tunggu...
Mislan Sihite
Mislan Sihite Mohon Tunggu... Saya adalah dosen FE. Univ. Methodist Indonesia , Medan, penulis dan pembicara

Saya adalah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dunia Ini Panggung Sandiwara

20 Mei 2019   19:42 Diperbarui: 20 Mei 2019   20:03 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ada syair lagu yang berbunyi : Dunia ini panggung sandiwara.... Pertanyaannya : Apakah betul dunia ini panggung sandiawara, penuh dengan kepurapuraan....penuh dengan  action....penuh dengan tipu muslihat...penuh dengan pembodohan....? 

Tidak dalam segala hal kehidupan ini panggung sandiwara, karena ada kalanya kita harus jujur pada diri sendiri, jujur pada orang lain, jujur pada semua orang, dan jujur dalam segala hal. Berbahagialah orang yang suci hatinya, dan  jujur hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Marilah kita belajar jujur pada diri sendiri, mulai dari hal-hal yang kecil, sehingga dalam hal yang lebih besar kita sudah mampu bersikap jujur. Jika kita tidak jujur maka kita akan merugikan diri sendiri, yaitu kita tidak akan dipercaya lagi sampai kapan pun karena kita sudah mendapat stigma negatif (pembohong). 

Alangkah ruginya kita jika kita tidak dipercaya lagi. Coba perhatikan dalam pemungutan suara, yang dapat memperoleh suara yang lebih besar, sudah pasti yang lebih dipercaya mengemban amanah. Maka berusalah jujur supaya kita dapat dipercaya orang lain, jika masih tetap tidak jujur, sampai kapanpun kita tidak dipercaya, dan tidak akan mendapatkan suara terbanyak.

Untuk itu jauhilah sandiwara, tetaplah hidup dalam kejujuran dalam kondisi apapun, itulah jati diri kita sebagai bangsa yang besar yaitu bangsa yang jujur. Semoga kejujuran tetap dapat bertumbuh di bumi Indonesia tercinta...