Mohon tunggu...
Mislaini
Mislaini Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Pontianak

Allahumma shalli 'alaa saidina Muhammad

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manusia sebagai Khalifatullah

28 Februari 2021   22:24 Diperbarui: 28 Februari 2021   22:51 68 0 0 Mohon Tunggu...

Manusia Sebagai Khalifatullah

Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna, makhluk yang paling mulia bahkan dikatakan lebih mulia daripada malaikat. Manusia diciptakan untuk beribadah dan taat kepada Allah. Manusia diberikan kelebihan yang tidak dimiliki makhluk lain, yaitu akal, pikiran, dan hawa nafsu. Manusia dapat melakukan sesuatu dengan akal, agar dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Peran manusia di dunia ini sangatlah penting. Manusia ditugaskan untuk menjaga dan mengelola apa yang ada di muka bumi. Oleh karenanya Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini. Tapi tidak semua manusia dapat menjalankan tugasnya sebagai khalifah. Karena manusia mempunyai hawa nafsu yang dapat membuat manusia lupa akan tugasnya sebagai khalifah. Manusia dapat menggunakan akalnya agar bisa melakukan sesuatu yang baik. Tapi kadang manusia tidak dapat mengendalikan hawa nafsunya dengan baik yang akhirnya dapat mengalahkan fungsi akal.

Dalam QS. Al-Baqarah:31 menjelaskan pernyataan Allah tentang kekhalifahan manusia. Firmannya sebagai berikut:

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhan-Mu berfirman kepada para malaikat," aku hendak menjadikan khalifah di bumi." mereka berkata "apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memujimu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (QS. Al-Baqarah:30)

Firman tersebut merupakan percakapan antara Allah dan malaikat. Yang mana Allah memberitahukan kepada malaikat akan kekhalifahan di muka bumi. Yang dijawab malaikat dengan berkata bahwasannya manusia hanya akan merusak dan menumpahkan darah di bumi. Allah pun menjawab dengan menegaskan bahwa malaikat tidak mengetahui apa yang diketahuinya.

Tugas tugas manusia sebagai khalifatullah

  1. Beribadah kepada Allah SWT.

Kewajiban yang paling utama dalam hidup ini tentu saja kewajiban dalam beribadah kepada Allah SWT. Karena dalam hidup ini kita perlu yang namanya ridho dari Allah SWT. Dengan ridho tersebut kita akan selalu diberi kemudahan oleh Allah untuk melakukan sesuatu yang baik.

Firman Allah dalam QS. Adz-dzariyat : 56 (perintah Allah kepada jin dan manusia agar beribadah kepadanya)

Artinya: "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepadaku"

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    VIDEO PILIHAN